Tentang TNT, Bahan Peledak Sumber Suara Dentuman di Jakarta

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 10:40 WIB
Ilustrasi Fokus Bom Bunuh Diri di Medan (Luthfy Syahban/detikcom)
Foto: Ilustrasi Bom TNT (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Dentuman keras yang terdengar dari Jakarta Timur hingga Jakarta Selatan ternyata berasal dari TNT di acara tradisi Paskhas TNI AU. TNT sendiri termasuk jenis bahan peledak yang pernah dipakai untuk senjata militer.

Dikutip dari Britannica, TNT alias Trinitrotoluene ialah senyawa nitrogen organik padat berwarna kuning pucat yang digunakan terutama sebagai bahan peledak. TNT dibuat dengan nitrasi toluena secara bertahap. TNT meleleh pada 82 °C dan tidak meledak di bawah 240° C.

TNT relatif tidak sensitif terhadap kejutan dan tidak dapat meledak tanpa detonator. Karena alasan ini, bahan peledak kimia ini paling disukai, banyak digunakan sebagai amunisi dan peledak untuk pembongkaran.

Selain itu, TNT banyak dimanfaatkan oleh industri-industri kimia selama bertahun-tahun. Namun, TNT mulanya belum dimanfaatkan sebagai bahan peledak sampai tahun 1904. TNT selanjutnya mulai dimanfaatkan sebagai peledak dengan alat detonator.

TNT sebagai peledak yang pertama berhasil dan dipatenkan di Prancis pada tahun 1908. Peledak itu terdiri dari tabung timah, dengan diameter yang kira-kira sama dengan sekring pengaman, diisi dengan inti TNT.

Di Prancis produk itu disebut cordeau détonant, di tempat lain disingkat menjadi cordeau. Efek ledakannya pun dahsyat. Selanjutnya, TNT dimanfaatkan untuk militer hingga fungsi peledakan lainnya.

Simak video 'Sebelum Jakarta, Ini Deretan Dentuman Misterius di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2