Banjir Rendam 8 RT di Tanah Rendah Jaktim, Belum Ada Warga Mengungsi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 08:50 WIB
Banjir rendam 8 RT Tanah Rendah Jaktim, Selasa (22/9/2020)
Banjir Rendam 8 RT Tanah Rendah, Jaktim (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Banjir merendam wilayah Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur (Jaktim). Setidaknya, ada delapan RT di RW 08 Tanah Rendah yang terendam banjir.

"Iya sebagian terendam, ini termasuk kecil ya, sebagian terendam, terutama Gang 20, terendam semua, setengah meter lah," kata Ketua RW 08 Tanah Rendah, Tamzis, saat dimintai konfirmasi, Selasa (22/9/2020).

Tamzis mengatakan ketinggian banjir 30-50 cm. Menurutnya, banjir kali ini tidak separah sebelumnya.

"Jadi yang kebanjiran itu RT 9, 10, 15, 14, 13, 6, 4, 5. Kalau di Gang 20 itu rata-rata 30-50 cm, jadi masih nyantai, masih kecil itu untuk warga kita," ujarnya.

Banjir rendam 8 RT Tanah Rendah Jaktim, Selasa (22/9/2020)Banjir merendam 8 RT Tanah Rendah, Jaktim, Selasa (22/9/2020). (Foto: Istimewa)

Hingga kini belum ada warga RW 8 yang mengungsi. Tamzis mengatakan warga telah menyiapkan tempat jika banjir datang.

"Sementara belum ada (mengungsi), kebanyakan di pinggir kali itu bikin loteng sederhana untuk banjir kecil cuma ke atas," ucap Tamzis.

Sementara itu, warga Tanah Rendah, Amin Agustin, mengatakan banjir saat ini sudah mulai surut. "Saat ini alhamdulillah cenderung stuck dan turun," ucapnya.

Di tengah banjir, Amin berharap normalisasi Sungai Ciliwung dilanjutkan. Normalisasi diharapkan tak hanya berhenti sampai Bukit Duri.

"Harapan kami, proyek normalisasi Sungai Ciliwung dilanjutkan yang sempat terhenti. Pengerjaan dan penyelesaian terakhir baru sampai wilayah Bukit Duri," imbuh Amin.

Seperti diketahui, semalam, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta. Hal itu mengakibatkan air di Bendung Katulampa naik dan sejumlah wilayah di Jakarta mengalami banjir.

(rfs/mae)