Warga Kecewa Jam Operasional TransJakarta Dibatasi: Tak Ada Sosialisasi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 20:58 WIB
Situasi di Halte TransJakarta Harmoni Jakpus pada 21 September 2020 pukul 19.00 WIB
Foto: Situasi di Halte TransJakarta Harmoni Jakpus pada 21 September 2020 pukul 19.00 WIB (Sachril Agustin Berutu-detikcom)
Jakarta -

Waktu operasional Bus Transjakarta dibatasi mulai hari ini. Calon penumpang bus TransJakarta ini kecewa lantaran tidak ada sosialisasi.

"Ini satu bentuk kebijakan yang merugikan masyarakat. Pertama secara dadakan dan yang kedua, perubahan dari jam 20.00 WIB (ke pukul 19.00 WIB)," ungkap calon pengguna Transjakarta, Yuni di Halte Transjakarta Harmoni, Jakarta Pusat (Jakpus), Senin (21/9/2020).

"Sebenarnya jam 20.00 WIB masih bisa ditoleransi, artinya jam pulang kerja masyarakat masih bisa dipahami. Nah sekarang kalau tiba-tiba diubah lagi 1 jam, ya mengecewakan masyarakat," sambung dia.

Yuni mengaku tak tahu dengan kebijakan pembatasan jam operasional yang baru ini. Dia baru tahu jadwal operasi Bus TransJakarta dibatasi hingga pukul 19.00 WIB saat mendatangi Halte Harmoni.

"Baru tahu (ada perubahan waktu operasional bus Transjakarta), karena kemarin sampai jam 20.00 WIB. Itu masih kita toleransi ya, bisa kita terima. Nah sekarang perubahan mendadak gini, orang bingung juga. Katanya kan (pengumuman perubahan waktu operasional Transjakarta) hanya lewat Instagram, tidak semua pengguna masyarakat itu pengguna media sosial Instagram," tutur dia.

Soal pengumuman melalui akun Instragram TransJakarta, Yuni berharap manajemen Bus TransJakarta memahami penumpangnya berasal dari berbagai kalangan. Dia juga berharap ke depannya pihak TransJakarta melakukan sosialisasi sehingga pengguna moda transportasinya bersiap diri.

"Karena masyarakat kita ini kan berbagai golongan, kan. Seperti itu harusnya bisa dimengerti pihak manajemen Transjakarta. Jadi harusnya ada pemberitahuan jauh-jauh hari, jadi mereka bisa bersiap-siap untuk memperhitungkan waktu pulang," tutur dia.

Pantauan detikcom di lokasi dari sekitar pukul 19.00 WIB, ada sebuah tempat sampah di tengah-tengah akses masuk halte dan loket telah ditutup. Ada petugas yang berjaga di dekat gate elektronik.

Petugas itu mengarahkan masyarakat untuk keluar halte karena waktu operasional Transjakarta hanya sampai pukul 19.00 WIB. "Mohon maaf Pak, Bu, mulai hari ini operasional sampai pukul 19.00 WIB," ucap petugas Transjakarta.

Mereka yang kecewa dan baru tahu adanya pembatasan jam operasional Bus TransJakarta yang baru ini hanya bisa keluar dari Halte Harmoni.

Sebelumnya, Transjakarta memperpendek jam operasional hari ini, yakni, mulai pukul 05.00 hingga 19.00 WIB. Keputusan itu diumumkan melalui Twitter @PT_Transjakarta pada Minggu (20/9). Akun itu sekaligus mencuitkan jalur yang dilayani selama DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II ini.

Pekan lalu, Transjakarta beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Itu sudah dipangkas dari operasional sebelumnya yang dijadwalkan sampai pukul 22.00.

"Sahabat TiJe, layanan Transjakarta pada masa PSBB @dkijakarta beroperasi pada pukul 05.00 - 19.00 WIB. Informasi rute lengkap dapat dilihat pada gambar di atas." begitulah cuitan @PT_Transjakarta.

(aud/aud)