Positif Corona, Bupati Simeulue Minta Warga Patuhi Protokol COVID-19

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 17:28 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Banda Aceh -

Bupati Simeulue Erli Hasim, yang positif Corona, meminta warganya patuh terhadap protokol Kesehatan. Hal itu, kata Erli, semata-mata untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Saya sampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk kita senantiasa mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak terlalu banyak terpapar COVID-19 terutama di Simeulue yang merupakan daerah kepulauan, yang jauh dari persoalan pelayanan yang bisa kita dapatkan," kata Erli dalam video yang dilihat detikcom, Senin (21/9/2020).

Pada awal video, Erli menjelaskan dirinya mengetahui terpapar virus Corona berdasarkan hasil swab yang keluar pada Sabtu (19/9) lalu. Pemeriksaan swab Erli dilakukan di Laboratorium Penyakit Infeksi di Unsyiah, Banda Aceh.

Erli saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Banda Aceh. Menurutnya, istri serta anak Erli negatif Corona berdasarkan hasil swab.

Dia mengajak masyarakat Simeulue selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Peran masyarakat diperlukan untuk memutus mata rantai penyebaran.

"Pemerintah tidak akan sanggup menyelesaikan persoalan ini tanpa ada kesadaran dari masyarakat, tanpa kebersamaan dari kita semua untuk bisa menjaga agar COVID-19 bisa terputus mata rantai di tengah masyarakat," jelas Erli.

Erli mengimbau masyarakat yang mempunyai gejala COVID-19 memeriksa diri ke petugas kesehatan. "Sehingga kita lebih tahu untuk mendeteksi dan kemudian tidak terjadinya penyebaran yang lebih besar di masyarakat," ujarnya.

(agse/idn)