Kapolda Metro Bagikan Sembako-Masker ke Korban Kebakaran di Kalibaru Jakut

Wilda Nufus - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 16:31 WIB
Kapolda Metro Jaya mengunjungi lokasi kebakaran di Kalibaru Jakut
Foto: Kapolda Metro Jaya mengunjungi lokasi kebakaran di Kalibaru Jakut (Wilda Hayatun/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana meninjau lokasi kebakaran gudang kayu di Cilincing, Kalibaru, Jakarta Utara. Nana juga membagikan bantuan berupa sembako dan masker bagi warga yang menjadi korban kebakaran.

Pantauan detikcom, Senin (21/9/2020), Nana datang didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Kedatangannya disambut Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta dan Kapolres Jakarta Utara Kombes Sudjarwoko.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana meninjau lokasi kebakaran gudang kayu di Cilincing, Kalibaru, Jakarta Utara, Senin (21/9/2020).Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana meninjau lokasi kebakaran gudang kayu di Kalibaru, Jakarta Utara. (Wilda/detikcom)

Nana kemudian meninjau lokasi kebakaran yang meluluhlantakkan ratusan rumah tinggal warga itu. Selanjutnya, dia mendatangi posko hunian sementara untuk warga yang beratapkan tenda.

"Bapak apa yang terbakar?" tanya Nana ke salah seorang warga korban kebakaran.

"Semua pak, rumah, baju," jawab warga tersebut.

Kapolda Metro Jaya mengunjungi lokasi kebakaran di Kalibaru JakutKapolda Metro Jaya mengunjungi lokasi kebakaran di Kalibaru Jakut Foto: Kapolda Metro Jaya mengunjungi lokasi kebakaran di Kalibaru Jakut (Wilda Hayatun/detikcom)

Nana memaparkan sebanyak 132 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban kebakaran. Sebanyak 108 rumah tinggal warga hangus terbakar.

"Di mana ada sekitar 132 KK, kemudian 382 jiwa. Untuk korban jiwa alhamdulillah tidak ada dan 108 bangunan, baik permanen maupun semi permanen, yang ada di kelurahan sini," ujarnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana meninjau lokasi kebakaran gudang kayu di Cilincing, Kalibaru, Jakarta Utara, Senin (21/9/2020).Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana membagikan sembako dan masker ke korban kebakaran gudang kayu di Kalibaru, Jakarta Utara. (Wilda/detikcom)

Nana berharap bantuan sembako yang diberikan dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Nana juga berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Sampai saat ini COVID-19 pun di Jakarta ini masih menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini kemudian ditambah lagi dengan terjadinya kebakaran menjadi satu keprihatinan kita bersama. Apalagi, dalam hal ini kami dengan Pangdam tentunya ingin mengetahui dan ingin berbagi dalam hal ini kepada para korban kebakaran," ujarnya.

"Kami bersama Pangdam tentunya terkait dengan kebakaran ini, kami akan memberikan sembako kemudian masker juga ada beberapa minuman yang akan kami serahkan kepada para korban ini," imbuhnya.

Sebelumnya pada Minggu (20/9) kemarin, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta dan jajarannya juga memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban. Ada 200 paket berisi sembako seperti beras, gula, dan lain-lain yang dibagikan kepada warga.

"Bakti sosial ini sebagai wujud kepedulian Polri, khususnya Polres Pelabuhan Tanjung Priok kepada para korban yang terdampak. Meski bantuannya tidak seberapa, tapi semoga menjadi berkah, mengurangi sedikit beban saudara-saudara kita apalagi di masa pandemi ini," kata AKBP Ahrie kepada wartawan, Minggu (20/9/2020).

"Dalam agenda tersebut Polres Pelabuhan Tanjung Priok juga berkesempatan mengajak masyarakat agar tetap mengikuti peraturan pemerintah tentang protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker serta menghindari kerumunan untuk menanggulangi penyebaran COVID-19. Alhamdulillah kegiatan berlangsung aman dan kondusif," sambung AKBP Ahrie.

(zak/zak)