Polisi Tangkap Komplotan Pengganjal ATM di Pekanbaru

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 15:14 WIB
Pelaku kejahatan jalanan diborgol polisi / pelaku street crime. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi borgol (Agung Pambudhy/detikcom)
Pekanbaru -

Polisi menangkap tiga diduga anggota komplotan pengganjal ATM di Pekanbaru, Riau. Mereka diamankan setelah ada laporan warga yang kehilangan uang di rekening mereka.

"Ketiga tersangka adalah inisial A, R, dan D. Mereka ini spesialis tindak pidana ganjal ATM. Sudah banyak korbannya di Pekanbaru," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Mu'min Wijaya, kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

Penyelidikan kasus ini berawal dari laporan warga yang juga purnawirawan TNI, Friswan Sinaga, Senin (14/9). Nandang mengatakan Friswan melapor setelah uang Rp 3,4 juta hilang dari rekeningnya.

Menurutnya, kehilangan uang itu berawal saat Friswan hendak mengambil uang di ATM salah satu SPBU di Jalan SM Amin. ATM milik Friswan disebut tak bisa keluar. Tiba-tiba komplotan itu datang dan pura-pura membantu.

"Korban kehilangan uangnya di rekening sebanyak Rp 3,4 juta," kata Nandang.

Korban kemudian melaporkan kasus tersebut ke Polsek Tampan. Sehari setelah laporan tersebut, ketiga terduga pelaku ditangkap.

Dari hasil pemeriksaan, kata Nandang, ketiga pelaku diduga sudah berulang kali melakukan aksi yang sama. Barang bukti yang disita antara lain sejumlah ATM milik korban hingga potongan lidi yang diduga digunakan untuk mengganjal ATM.

"Kita masih mengembangkan kasus ini. Ketiganya sudah kita lakukan penahanan," tutur Nandang.

Simak video 'Bobol ATM Minimarket di Bogor, Pelaku Jebol Tembok':

[Gambas:Video 20detik]



(cha/haf)