Bawa Senjata Api Ilegal, Petani di Ogan Ilir Sumsel Diciduk Polisi

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 14:43 WIB
Senpi ilegal.
Senpi Ilegal (Foto: Istimewa)
Palembang -

Seorang petani di Pamulutan, Ogan Ilir, Reza, ditangkap atas kepemilikan senjata api rakitan. Dari tangan pelaku, satu pucuk senjata api rakitan dan amunisi aktif disita.

Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir AKP Robi Sugara menyebut penangkapan berawal dari laporan masyarakat, di mana pelaku kerap membawa senjata api rakitan saat beraktivitas dan membuat resah.

"Informasi ada orang menguasai senjata api rakitan dan sering dibawa jalan-jalan. Bahkan sering digunakan kejahatan," ujar Robi Sugara saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (20/9/2020).

Dari laporan warga, Robi berangkat untuk melakukan penyelidikan bersama tim Sat Reskrim pada Sabtu (19/9), sekitar pukul 01.30 WIB. Di sekitaran SPBU Pegayut di Ogan Ilir terlihat gerak-gerik pelaku yang mencurigakan.

"Di lokasi itu kami lihat gerak-gerik pelaku mencurigakan, langsung diamankanlah si pelaku. Digeledah ditemukan ada senjata api rakitan dan amunisi aktif," tegas Robi.

Selanjutnya, pelaku diamankan ke Polres Ogan Ilir untuk diperiksa berikut barang buktinya. Sementara senjata yang sering digunakan untuk kejahatan masih dalam penyelidikan.

"Diakui senjata api itu miliknya dan sudah sering dipakai untuk kejahatan di wilayah hukum Polres Ogan Ilir. Terhadap pelaku masih terus kami dalami di mana saja dia beraksi," tutup Robi.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam Pasal 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 karena pelaku menguasai satu pucuk senjata api berikut amunisi aktif kaliber 9 mm.

(ras/idn)