Ketua Dewas KPK Negatif Corona, Putusan Etik Firli Dipastikan Lanjut

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 12:30 WIB
Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean bersiap mengikuti upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik lima orang Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023 yaitu Artidjo Alkostar, Harjono, Syamsuddin Haris, Tumpak Hatorangan Panggabean dan Albertina Ho. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Ketua Dewan Pengawas KPK, Tumpak Panggabean (Antara Foto)
Jakarta -

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dinyatakan negatif Corona (COVID-19) setelah menjalani tes swab. Dewas KPK akan kembali melanjutkan sidang putusan etik yang sempat ditunda.

"Informasi yang kami terima, untuk hasil swab Pak THP (Tumpak Hatorangan Panggabean) negatif COVID-19," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Minggu (20/9/2020).

Ali mengatakan sidang putusan etik terhadap Ketua KPK Firli Bahuri dan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo akan segera dilanjutkan dengan agenda putusan.

"Adapun mengenai perkembangan terkait jadwal sidang etik dengan agenda putusan atas terperiksa YPH (Yudi Purnomo) dan FB (Firli Bahuri), nanti akan kami informasikan lebih lanjut," katanya.

Seperti diketahui, Firli Bahuri sedianya menghadapi putusan dalam sidang etik Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait helikopter mewah pada Selasa (15/9). Namun sidang putusan hari ini ditunda karena anggota Dewas KPK harus menjalani swab test terkait virus Corona (COVID-19).

Dewas KPK yang menguji sidang etik Firli adalah Tumpak Hatorangan Panggabean, Albertina Ho, dan Syamsuddin. Ketiganya menjalani tes swab setelah ada pegawai Dewas KPK yang positif Corona.

Dari hasil swab test itu, Tumpak dan Albertina dinyatakan negatif Corona. Namun Syamsuddin dinyatakan positif Corona dan saat ini menjalani perawatan di RS Pertamina.

(zap/gbr)