Isolasi di Wisma Atlet

Room Tour Flat Isolasi Pasien COVID-19 Wisma Atlet

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 12:17 WIB
Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur untuk penangan Corona atau COVID-19. Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, akan dijadikan rumah sakit darurat dan rumah isolasi pasien.
Gedung Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Flat Wisma Atlet Kemayoran ini adalah tempat isolasi diri untuk pasien COVID-19 tanpa gejala. Mari ikuti room tour bareng salah satu pasien yang ada di sini.

Pasien yang kini menjalani isolasi di flat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat, Christman Datubara (31), berkenan memperlihatkan isi unit yang dia huni, yakni di Tower 5 lantai 9. Dia datang ke Wisma Atlet sejak 14 September pekan lalu.

"Di dalam nggak seram. Ini bagus, karena awalnya memang buat atlet Asian Games 2018," kata Christ kepada detikcom, Minggu (20/9/2020).

Room Tour Wisma Atlet yang jadi tempat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala. (Dok pribadi Christman Datubara)Lift di Tower 5, flat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala, di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. (Dok pribadi Christman Datubara)

Untuk menuju lantai 9, ada lift yang bekerja dengan baik. Terlihat lantai keramik warna krem bersih bersinar. Cahaya penerangan juga ideal.

"Ini bersih. Mungkin karena bangunannya relatif baru," kata dia.

Sesampainya di lantai 9, Chris melangkah keluar, menyusuri lorong unit-unit yang dihuni pasien. Terlihat seorang perawat berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) Lengkap keluar dari ruang perawat. Di setiap lantai, memang ada ruang perawat seperti ini.

Room Tour Wisma Atlet yang jadi tempat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala. (Dok pribadi Christman Datubara)Suasana di koridor (Dok pribadi Christman Datubara)

Akhirnya, sampailah kita di unit Chris. Dia membuka pintu. Ini adalah unit berukuran 36 meter, yakni 6x6 meter. Ada dua kamar di dalamnya, dihuni masing-masing satu pasien tanpa gejala. Jadi, satu unit ini disediakan untuk dua pasien. Chris memperlihatkan ruang tengah unit ini.

"Kita masuk, layaknya apartemen dua kamar. Ini ada sofa bagus," kata Chris menunjuk dua sofa berwarna cokelat di ruang tengah, ada bantal berwarna abu-abu di atasnya. Meja kecil dan rak minimalis ada di dekatnya.

Room Tour Wisma Atlet yang jadi tempat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala. (Dok pribadi Christman Datubara)Room Tour Wisma Atlet yang jadi tempat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala. (Dok pribadi Christman Datubara)

"Di sini ada WiFi, WiFi-nya juga nggak asal-asalan tapi kencang," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2