Bareskrim Bekuk Sindikat Penipu Online di Bawah Umur

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 18:07 WIB
Brigjen Awi Setiyono (Bil Wahid/detikcom)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (dok detikcom)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, membagikan pengalamannya hendak ditipu akun Instagram dengan user name @luckycatsauction. Bareskrim Polri mengatakan pelaku kini telah ditangkap.

"Penipuan online dengan modus pelelangan barang di Instagram yang mencapai nilai jutaan rupiah," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/9/2020).

Polisi mengatakan penyelidikan kasus ini berawal dari laporan polisi tipe A, yakni laporan yang dibuat sendiri oleh polisi yang mengetahui, mengalami, atau menemukan adanya tindak kejahatan. Penyelidikan dimulai sejak 8 September kemarin.

"Kasus ini berawal dari adanya laporan polisi LP A nomor 508/IX/2020/BARESKRIM POLRI tanggal 8 September 2020. Tersangka atas nama MAF dan kawan-kawan," ujar Awi.

Polisi kemudian melakukan profiling terhadap akun @luckycatsauction. Polisi membenarkan akun @luckycatsauction adalah yang hendak menipu Kaesang.

"(Korban) di antaranya (Kaesang Pangarep). Ada beberapa, ada puluhan korban," tutur Awi.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep membagikan pengalamannya hendak ditipu di akun Twitternya @kaesangp. Kaesang mengunggah tangkapan layar percakapannya dengan si penipu.

"Sumpah ngakak ada yang mau nipu saya. Niatnya mau nipu karena saya menang auction. Padahal udah semangat nipu," cuit Kaesang pada 1 September kemarin.

Dari tangkapan layar, terlihat si penipu mengirimkan direct message ke Kaesang berisi pengumuman Kaesang memenangi auction. Penipu lalu menyertakan nomor rekeningnya.

Kaesang yang sudah mengendus adanya modus penipuan lalu sengaja menanggapi dan mengajak si penipu untuk bertemu dengan alasan ingin COD (cash on delivery). Si penipu menolak.

"Anda udah cek instagram saya? Ngecek rekening gampang lho," ucap Kaesang kepada admin @luckycatsauction.

Menyadari yang hendak ditipu adalah anak Presiden Jokowi, pemilik admin pun meminta maaf dan mengaku khilaf. "Maaf bang. Saya khilaf, maaf bang," balas si penipu.

vvv

Tonton video 'Momen Kocak Kaesang Pangarep Memergoki Penipu Online':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/imk)