Heli PT NUH Mendarat Darurat di 4.700 Mdpl Paniai, Ini Lokasinya

Idham Kholid - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 16:38 WIB
Lokasi penemuan helikopter di Paniai yang sempat hilang kontak (dok Polda Papua)
Lokasi penemuan helikopter di Paniai yang sempat hilang kontak (Foto: dok. Polda Papua)
Jakarta -

Tim gabungan TNI-Polri telah menemukan helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) yang sempat hilang kontak. Helikopter tersebut ditemukan di daerah Paniai pada daerah dataran tinggi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan helikopter tersebut ditemukan pagi tadi. Berdasarkan foto yang diterima, helikopter tersebut tampak berada di sisi aliran sungai.

"Berdasarkan data dari pengamatan heli PK-IWV, ditemukan heli PK-USS pada koordinat S 03° 34.220' dan E 136° 09.623' posisi crashed into rugged stream in basin (di cekungan aliran sungai), sekitar 4.700 kaki di atas laut, pada medan yang berat, tak ada area mendarat," kata Kamal dalam keterangannya, Jumat (18/9/2020).

"Selain itu, terlihat kru memberikan tanda-tanda permintaan pertolongan dengan menggunakan lambaian menggunakan kain merah," tambahnya.

Identitas penumpang helikopter tersebut ialah Kapten Philip Bell (pilot), Kamil Soleh (teknisi), serta dua anggota Paskhas TNI AU, yakni Prada Freddy dan Kopda Derris.

Heli tersebut lepas landas pada Kamis (17/9) sekitar pukul 10.30 WIT dari Kilometer 100 menuju 99 Kampung Ndeotadi, Kabupaten Paniai, dengan membawa bahan makanan. Diperkirakan jarak tempuh sekitar 1 jam.

Heli hilang kontak pada pukul 10.57 WIT dengan posisi terakhir di 3:33.3 S,136:9.28 E. Setelah itu, tim gabungan TNI-Polri, Basarnas, dan pihak heli melakukan pencarian pukul 15.35 WIT menggunakan pesawat Caravan SNK Tipe C 208 di titik koordinat.

Pencarian dilakukan dengan berputar di sekitar lokasi kejadian. Pada pukul 16.00 WIT pencarian dihentikan karena cuaca tak bersahabat, yakni awan tebal menyelimuti daerah tebing dan hari mulai gelap.

Pukul 16.00 WIT, upaya pencarian terus dilakukan dengan berputar di sekitar lokasi kejadian. Karena cuaca yang tidak bersahabat di mana awan tebal menyelimuti daerah tebing dan hari mulai gelap sehingga pencarian dihentikan.

(jbr/idh)