5 Komisioner KPU Maros Jalani Sidang Etik DKPP terkait Perekrutan PPS

Ibnu Munsir - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 15:19 WIB
anggota DKPP, Teguh Prasetyo
Anggota DKPP, Teguh Prasetyo (Ibnu/detikcom)
Makassar -

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengelar sidang pemeriksaan terhadap ketua dan anggota KPU Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Sidang digelar terkait dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

"Ini kan dugaan pelanggaran kode etik karena ketidakprofesionalan dalam pemilihan PPS. Kita dengar semua dari pihak pengadu. Kami tim 12 orang ke sini, kita dengar saksi dan pihak terkait itu ada foto (PPS) di posko kemenangan pakai seragam dan pin, dan teradu kita periksa semua, dan sudah melakukan klarifikasi," kata anggota DKPP, Teguh Prasetyo, di kantor Bawaslu Sulsel, Jalan AP Pettarani, Jumat (18/9/2020).

Teguh menjelaskan pihaknya masih mengumpulkan data terkait aduan ketidaknetralan dalam proses perekrutan petugas PPS di Kabupaten Maros. Namun saat ini ia belum bisa memutuskan aduan tersebut.

"Jadi sidang di sini hanya mencari fakta di lapangan terhadap aduan tadi ya, memutus perkara nanti kita bawa di sidang DKPP untuk kita paparkan. Ini saya belum bisa, sementara belum bisa, dan kita kumpulkan data dulu. Silakan Anda simpulkan dulu dan saya kumpulkan data dulu. Kita mencari ada pelanggaran etik atau tidak," jelasnya.

Jika nantinya terbukti melakukan pelanggaran, para komisioner itu akan disanksi berupa teguran hingga pemberhentian.

"Iya, foto yang diajukan demikian. Nanti pada sidang pleno disimpulkan. Pertama, kalau terbukti, ya pelanggaran etik, ada sanksi ringan ya teguran dan pelanggaran etik berat peringatan berat. Kalau berat lagi, sangat berat, maka diberhentikan, baik sebagai ketua atau anggota, dan melihat sanksi pelanggaran etiknya," ujar Teguh.

Komisioner KPU Maros yang bakal disidang itu adalah Ketua KPU Maros Syamsu Rizal dan empat anggota lain, yaitu Syahruddin, Mujaddid, Umar, dan Meilany. Kelimanya diadukan karena diduga tidak profesional dalam seleksi calon anggota PPS di Kabupaten Maros.

(knv/knv)