Gagal Tes Kesehatan, Bupati Majene Digantikan Istrinya Maju Pilkada

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 13:59 WIB
Istri Bupati Majene Fahmi Massiara, Patmawati maju di Pilkada 2020. (Foto: Istimewa)
Foto: Istri Bupati Majene Fahmi Massiara, Patmawati maju di Pilkada 2020. (Foto: Istimewa)
Majene -

Istri Bupati Majene Fahmi Massiara, Patmawati resmi mendaftarkan diri sebagai calon bupati di Pilkada 2020. Patmawati menggantikan sang suami yang terganjal masalah kesehatan.

Patmawati mendaftarkan diri ke KPU Majene pada Rabu (16/9) lalu. Dia datang mendaftar bersama pasangannya, Lukman yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Majene.

"Pada intinya, kami secara resmi telah menerima dokumen perbaikan, terkait penggantian Fahmi Massiara sebagai bakal calon bupati," kata Ketua KPU Majene Muh Arsalin Aras saat dimintai konfirmasi, Jumat (18/9/2020).

Terkait Patmawati yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN), Arsalin mengatakan, pihaknya memberikan kesempatan untuk melengkapi berkas pengunduran diri. Berkas tersebut wajib diserahkan ke KPU paling lambat 30 hari sebelum pencoblosan.

"Terkait pengunduran sebagai ASN, KPU memberikan kesempatan untuk memasukan paling lambat 30 hari sebelum hari pencoblosan," ungkapnya.

Sesuai jadwal, rencananya hari ini, Patmawati akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di Makassar. Pemeriksaan kesehatan dilakukan selama 2 hari.

"Persiapan pemeriksaan kesehatan ibu Fatmawati sebagai bakal calon Bupati Majene direncanakan hari ini tanggal 18, dan besok tanggal 19 september 2020, di PCC RS Wahidin," kata Arsalin.

Terpisah, Patmawati yang didukung delapan partai politik yakni PPP, Golkar, PDIP, PAN, PKB, PKS, Gerindra dan Partai Nasdem, dengan mengusung tagline Palu (Patmawati-Lukman) mengaku menargetkan untuk menang di Pilkada Majene ini.

"Kami bersama bakal calon wakil bupati resmi mendaftar di KPU. Target kami Fatmawati-Lukman menang, menang," kata Fatmawati.

Selain Patmawati-Lukman, pasangan lain yang telah mendaftarkan diri ke KPU Majene adalah Andi Sukri Tammalele yang berpasangan dengan Arismunandar Kalma. Andi-Arismunandar diusung tiga partai politik diantaranya, Hanura, PSI dan Demokrat.

Untuk diketahui, sebelumnya Bupati Majene Fahmi Massiara mendaftarkan diri sebagai petahana di Pilkada Majene. Namun, langkahnya terhenti lantaran dirinya dinyatakan tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan.

Fahmi dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak mengikuti beberapa pemeriksaan kesehatan bersama bakal calon lainnya, yang digelar di Makassar, beberapa waktu lalu. Hal itu lantaran Fahmi memprediksi tidak akan lolos tes kesehatan.

(mae/mae)