Round-Up

Menanti Kabar dari Helikopter Hilang di Pegunungan Papua

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 05:38 WIB
Ilustrasi pesawat hilang (dok detikcom)
Foto: Ilustrasi pesawat hilang kontak (dok detikcom)
Jakarta -

Satu unit helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) dilaporkan hilang kontak ketika terbang dari Bandara Nabire, Papua. Sampai saat ini belum diketahui keberadaan helikopter yang mengangkut tiga orang penumpang ini.

Helikopter ini disebut membawa tiga orang hilang kontak sejak pukul 10.16 WIB atau 12.06 WIT, Kamis (17/9). Heli Bell 212 milik PT NUH ini mengangkut kargo berupa bahan makanan. Rute penerbangan heli tersebut ada di sekitar Nabire hingga Paniai.

Kepala Bandara Nabire, M Nafiq mengatakan hingga saat ini pihaknya masih mengecek status helikopter itu. Dia juga sedang melacak keberadaan helikopter itu.

"Kita masih cek di lokasi, sudah ada sinyal emergency yang keluar. Tapi sinyal emergency itu bisa sengaja dihidupkan atau karena tabrakan, itu yang kita belum tahu," ujar Nafiq saat dihubungi, Kamis (17/9).

Karena cuaca di sekitar lokasi hilangnya helikopter tidak mendukung, pencarian helikopter itu akan dilakukan Jumat (18/9) pagi. Nafiq mengatakan akan ada banyak kendala dalam pencarian jika dilakukan saat cuaca tidak mendukung.

"Tadi kita sudah berangkatkan satu pesawat untuk mengecek lokasi itu, hanya cuaca mendung jadi kita tidak tahu apa bisa terlihat atau tidak. Kalau belum bisa, kita tunggu besok pagi atau siang kalau cuacanya bagus karena sekarang mendung, awannya rendah sekali. Kalau dipaksakan malah membahayakan yang nyari karena itu daerah pegunungan," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2