Round-Up

Menanti Kabar dari Helikopter Hilang di Pegunungan Papua

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 05:38 WIB
Ilustrasi pesawat hilang (dok detikcom)
Foto: Ilustrasi pesawat hilang kontak (dok detikcom)

Menurut dia, helikopter tersebut bisa saja melakukan pendaratan darurat karena kondisi cuaca atau ada gangguan pada mesin pesawat. Nafiq mengatakan hal itu biasa dilakukan apabila helikopter membutuhkan lahan terbuka untuk mendarat.

"Heli itu biasanya kalau ada tempat terbuka saat cuaca buruk dia mendarat sementara, karena mungkin dia tidak sempat kasih tahu dia nyalakan sinyal daruratnya supaya station-nya tahu dia ada di posisi itu, semoga itu yang terjadi," tutur Nafiq.

Kondisi Pilot-Penumpang Belum Jelas

Kepala SAR Biak Gusti Anwar Mulyadi membenarkan pihaknya mendapat laporan tentang hilang kontak heli tersebut sekitar pukul 13.30 WIT. Pihaknya saat ini telah melakukan kordinasi dengan berbagai pihak.

Dia menjelaskan, helikopter berpenumpang tiga orang yang terdiri atas pilot, kopilot, dan teknisi itu dilaporkan membawa bahan makanan. Dari laporan yang didapat pihaknya, penerbangan dari Nabire ke Baya Biru ditempuh sekitar 45 menit.

"Namun hingga kini kami belum mendapat laporan lengkap terkait identitas pilot dan dan awak lainnya, serta berapa banyak barang bahan makanan yang dibawa," kata Gusti di Jayapura, Kamis (17/9), seperti dilansir Antara.

Tim SAR rencananya akan terlibat dalam pencarian helikopter ini. Pencarian akan dilanjutkan Jumat (18/9).

Halaman

(zap/aik)