Surat Cinta Najwa untuk Mahasiswa Baru

Abu Ubaidillah - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 06:55 WIB
sneakers Najwa Shihab
Foto: Instagram/@najwashihab
Jakarta -

Sejumlah universitas di Indonesia saat ini tengah melakukan masa orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek). Namun pandemi yang masih terjadi membuat universitas-universitas di Indonesia mengeluarkan kebijakan ospek dilakukan secara online.

Topik mengenai ospek online pun viral dan menjadi perbincangan hangat di jagat maya, bahkan beberapa kali sempat menjadi trending di Twitter, termasuk ketika ada kejadian-kejadian tak terduga seperti yang terjadi di Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Bengkulu.

Kepada mahasiswa baru, Najwa Shihab melalui akun Instagramnya memberi sebuah pesan yang dia sebut sebagai 'Surat Cinta untuk Maba'. Najwa menyebut Maba tahun ini adalah angkatan yang berbeda dan istimewa.

"Memang tak mudah, menjadi tantangan, kalian menjadi Maba pertama di era pandemi. Angkatan perdana yang akan mengarungi pengalaman menjadi mahasiswa di era baru serba tidak pasti ini sejak awal," kata Najwa dalam video yang diunggah di akun Instagram @najwashihab.

Najwa berpesan, yang terpenting adalah kemampuan beradaptasi. Apapun jurusan dan mimpi Maba, akan mengalami perubahan dengan cepat karena terpengaruh progres teknologi ditambah tuntutan pandemi.

Baginya, menjadi mahasiswa adalah sebuah privilege, keistimewaan yang tak semua pemuda mendapatkannya sehingga ini adalah peluang kenikmatan sekaligus menjadi tanggung jawab.

"Ingat, 2030-2031, 10 tahun dari sekarang tiap-tiap kalian akan mengisi posisi-posisi yang berkontribusi penting di negeri ini. Setiap angkatan baru menjanjikan bakal pemimpin baru. Tak perlu tergesa-gesa adik-adik, lahaplah terhadap ilmu, kami akan sabar menunggu," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]

Seperti diketahui, angkatan 2020 kini tengah dalam masa sulit karena dihadapkan dengan adanya pandemi. Bukan cuma Maba saja, melainkan para wisudawan yang seharusnya dalam fase mencari kerja atau berkeinginan membuka lapangan pekerjaan. Tentunya hal tersebut tak mudah di tengah pandemi.

Untuk memberi motivasi dan dukungan kepada wisudawan 2020, MAXstream akan mengadakan acara Wisuda Online 2020. Selain menghibur, kamu juga bisa mendapatkan banyak insight dari para tokoh inspiratif, termasuk Najwa Shihab. Najwa akan mengulik kontribusi nyata apa saja yang bisa diberikan oleh lulusan tahun 2020 untuk mewujudkan Indonesia maju.


Beberapa mahasiswa berprestasi, seperti mahasiswa Indonesia yang berpidato di acara wisuda Harvard University, Nadhira Afifa juga akan hadir dalam acara ini beserta wisudawan-wisudawan terbaik dari berbagai Universitas di Indonesia. Jadi, jangan lewatkan acaranya hanya di MAXstream hari Sabtu, 19 September 2020 pukul 11.00 - 17.00 WIB ya!Selain itu, akan hadir pula Mendikbud, Nadiem Makarim yang akan memaparkan tantangan yang dihadapi lulusan tahun 2020, gambaran peluang kerja bagi mereka, serta bagaimana sebaiknya para wisudawan memaknai kondisi pandemi ini.

(ega/ega)