Ma'ruf Amin: Selamat Ulang Tahun ke-75 PMI, Terus Semangat Bantu Masyarakat

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 20:34 WIB
Wapres Maruf Amin
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengucapkan selamat ulang tahun ke-75 untuk Palang Merah Indonesia (PMI). Ma'ruf berpesan agar PMI terus meningkat semangat membantu masyarakat sebagai garda terdepan dalam masalah kesehatan.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun Palang Merah Indonesia (PMI) ke-75, 17 September 2020.⁣ Selama lebih dari setengah abad, PMI secara konsisten menunjukkan dedikasinya yang tinggi dalam mengabdi kepada rakyat. PMI selalu berada di garda terdepan pada setiap masa sulit yang dilalui masyarakat dan bangsa," ujar Ma'ruf melalui akun Twitter resminya, Kamis (17/9/2020).

Ma'ruf berharap, PMI terus bekerja dalam penanganan masalah kesehatan. Dalam lingkungan kecil maupun skala nasional.

"Baik dalam lingkup kecil maupun skala nasional. Baik dalam menangani bencana alam, maupun mengatasi masalah kesehatan, dan sebagainya," katanya.

Ma'ruf menilai selama ini relawan PMI tak gentar terjun ke lapangan. Serta selalu membantu masyarakat secara ikhlas.

"Seluruh pengurus dan relawan tak gentar terjun ke lapangan secara ikhlas mengerahkan tenaga, waktu, dan kemampuan untuk membantu masyarakat," jelasnya.

Kepada PMI dan jajarannya, Ma'ruf juga mengucapkan terima kasih atas dedikasinya. Dia mengatakan momen ulang tahun ini dapat dijadikan sebagai refleksi diri bagi PMI.

"Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pengurus dan relawan PMI yang telah berdedikasi tinggi mengabdi untuk masyarakat, bangsa, dan negara," katanya.

"Kiranya hari ulang tahun ini, dapat dijadikan sebagai momen refleksi diri atas apa yang telah dikerjakan, dan sebagai pemberi semangat untuk terus berkarya ke depan," sambungnya.

Untuk diketahui, 17 September 1945 merupakan tanggal kelahiran Palang Merah Indonesia (PMI) yang saat itu dipimpin Wakil Presiden Mohammad Hatta. Pembentukan PMI tidak luput dari perintah Presiden Soekarno membentuk badan Palang Merah Nasional untuk menunjukkan kepada dunia keberadaan Indonesia pasca proklamasi. Pada awalnya, PMI bertugas memberikan bantuan kepada korban perang revolusi kemerdekaan Republik Indonesia. ⁣

(lir/dhn)