Perdana! Jokowi Akan Pidato di Sidang Umum PBB

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 20:03 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Retno mengatakan resolusi ini disusun oleh Jerman dan Indonesia sebagai CO-Penholder untuk resolusi ini. Dia menyebut resolusi itu mendukung pemenuhan hak bagi perdamaian Afghanistan.

"Resolusi tersebut disusun oleh Indonesia dan Jerman selaku co-penholder untuk isu Afghanistan di DK PBB. Dalam resolusi 2542 itu dibuat elemen baru yang secara jelas memberikan dukungan kepada Afghanistan dalam proses perdamaian dan pembangunan berkelanjutan," jelas Retno.

Pada Selasa (15/9) kemarin, Retno mengatakan juga melakukan komunikasi dengan Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud. Dalam pembicaraan itu Retno mengatakan Indonesia juga mendukung perdamaian di Yaman.

"Pada hari Selasa, 15 September yang lalu, saya telah menerima telepon dari Menteri Luar Negeri Arab Saudi dan membahas situasi stabilitas di kawasan, antara lain perkembangan situasi di Yaman. Saya menyampaikan bahwa Indonesia prihatin bahwa peningkatan ketegangan terkini yang terjadi di Yaman terutama dampaknya terhadap isu kemanusiaan. Situasi di Yaman ini juga telah dibahas dalam pertemuan sidang DK PBB tanggal 15 September 2020," katanya.

Halaman

(lir/dhn)