Diprotes, Ini Alasan Polisi Denda Pemobil yang Tak Pakai Masker

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 09:44 WIB
Kapolres Jakarta Utara Kombes Sudjarwoko
Kapolres Jakarta Utara Kombes Sudjarwoko (Luqman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria sempat memprotes lantaran didenda tidak pakai masker saat mengendarai mobil pribadi, di sekitar Danau Sunter, Jakarta Utara. Pria itu didenda setelah menjalani sidang di tempat yang digelar aparat gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP, dan hakim PN Jakarta Utara, pada Rabu (16/9).

Polisi menjelaskan bahwa aturan memakai masker harus dilakukan sejak ke luar rumah. Masker wajib digunakan ketika warga beraktivitas di luar rumah.

"Kalau kita paham penggunaan masker diwajibkan kepada seluruh masyarakat yang keluar dari rumah, bukan keluar dari dalam mobil," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Sudjarwoko kepada wartawan di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/9/2020).

Sudjarwoko mengatakan pengendara mobil tetap wajib memakai masker selama di jalan.

"Kalau kita menggunakan mobil ke luar rumah ya sama saja. Kita sudah wajib menggunakan masker," jelas Sudjarwoko.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria sempat memprotes karena ditilang tidak mengenakan masker ketika di dalam mobil. Pria itu disetop aparat gabungan di sekitar Danau Sunter, Jakarta Utara.

Pria tersebut tampak tidak terima ditilang aparat saat ketahuan tidak memakai masker di mobil. Di hadapan hakim, pria berkemeja itu merasa tidak merugikan orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2