Tolak Pam Swakarsa, KontraS: Itu Cikal Bakal FPI

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 08:00 WIB
Ilustrasi PAM Swakarsa tahun 1998. (Associated Press)
Foto Ilustrasi PAM Swakarsa Tahun 1998 (Associated Press)
Jakarta -

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengkritik Peraturan Kapolri tentang Pengamanan (Pam) Swakarsa. KontraS menyebut Pam Swakarsa telah terbukti memunculkan FPI yang disebutnya sebagai organisasi intoleran.

"Pam Swakarsa akan memunculkan kelompok yang bergerak secara semena-mena, mengingat Pam Swakarsa '98 adalah cikal bakal FPI yang dalam tindakannya tidak sedikit menunjukkan perilaku intoleran," kata Koordinator Kontras, Fatia Maulidiyanti, dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (17/9/2020).

Hadirnya Pam Swakarsa dinilai KontraS sebagai niat aparat mengembalikan situasi masa lalu, yakni situasi sarat kekerasan massa saat merekahnya fajar reformasi. Seharusnya situasi demokrasi Indonesia bisa menjadi lebih baik dan demokratis untuk saat ini. Sekarang, Pam Swakarsa sudah tidak diperlukan lagi.

"Keberadaan Pam Swakarsa hari ini tidaklah relevan di tengah situasi pandemi, juga kegagalan polisi dalam mengevaluasi anggotanya sendiri. Di sisi lain, kehadiran Pam Swakarsa hari ini bukan untuk menjaga ketertiban, melainkan untuk memelihara ketakutan atas peristiwa yang pernah terjadi di masa silam," sorot Fatia.

Dia menyoroti Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa yang diteken Kapolri Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020. Menurut Fatia, bunyi Pasal 2 dan 3 mengarah ke pemeliharaan rasa takut masyarakat. Berikut ini bunyi pasalnya.

Lihat juga video 'Sebut Habib Rizieq Sampah, Boedi Djarot Dipolisikan FPI':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2