Sosok Sekda DKI Saefullah di Mata Kasetpres: Pekerja Keras dan Jarang Marah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 17:46 WIB
Sekda DKI Saefullah.
Sekda DKI Saefullah (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengenang sosok Sekda DKI Jakarta Saefullah yang meninggal akibat Corona. Heru, yang pernah bermitra dengan Saefullah di Ibu Kota, menilai almarhum adalah sosok yang mendengarkan masukan dari bawah.

"Pertama, atas nama Presiden RI Pak Jokowi, beliau menyampaikan kepada kami, agar menyampaikan kepada keluarga beliau turut berdukacita. Dan selama beliau bertugas sebagai Sekda dan waktu itu gubernurnya Pak Jokowi, beliau bekerja dengan keras. Dan tentunya menjalankan kebijakan dari Pak Jokowi dengan baik," kata Heru kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Heru kemudian mengenang saat menjadi bawahan Saefullah ketika menjadi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI Jakarta. Dia menyebut Saefullah adalah seorang yang kooperatif.

"Kalau saya selaku bawahan beliau, kebetulan lagi saya kan tim TAPD. Tim anggaran di daerah itu ada tiga, Sekda, Bappeda, dan saya. Beliau sangat kooperatif, sangat mendengarkan usulan-usulan anak buah," katanya.

Menurut mantan Wali Kota Jakarta Utara itu, Saefullah adalah sosok yang jarang marah serta pemimpin yang pekerja keras dan rajin berolahraga.

"Kedua, jarang marah. Ketiga, pekerja keras. Jam 7 pagi sudah di kantor, pulang malam. Keempat, sebenarnya beliau selalu olahraga. Kalau nggak badminton, jalan pagi," katanya.

"Kesan saya itu, ya beliau orang baiklah. Selama sekian tahun dengan beliau, jarang marah. Dan yang paling berkesan itu beliau selalu mendengarkan usulan dari bawah," sambungnya.

Untuk diketahui Saefullah meninggal dunia pada Rabu siang ini sekitar pukul 12.55 WIB. Sekda DKI Jakarta ini meninggal dunia akibat COVID-19.

(lir/knv)