Tak Pakai Masker, Warga Cilegon Dihukum Baca Surat Yasin-Naik Pohon

M Iqbal - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 14:51 WIB
Warga Cilegon dihukum baca yasin dan naik ke pohon karena langgar protokol kesehatan. (Foto: M Iqbal/detikcom)
Foto: Warga Cilegon dihukum baca yasin dan naik ke pohon karena langgar protokol kesehatan. (Foto: M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Polisi menggelar razia untuk menegakkan protokol kesehatan di Cilegon, Banten. Warga yang kedapatan tak memakai masker dihukum membaca surat Yasin hingga naik ke atas pohon.

Razia digelar di wilayah hukum Polsek Cilegon. Polisi menemukan beberapa warga yang kedapatan tak memakai masker saat keluar rumah. Mereka yang tidak memakai masker pun diminta berhenti dan didata oleh polisi.

"Kalau hukumannya push up kan nggak jera, kita minta mereka baca surat Yasin, untuk apa? Untuk mendoakan supaya wabah Corona ini cepat pergi," kata Kapolsek Cilegon, Kompol Jajang Mulyaman kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Ide membaca surat Yasin bagi pelanggar protokol kesehatan muncul dari Jajang sendiri selaku Kapolsek. Ada 6 orang yang diminta membaca surat Yasin saat diketahui melanggar protokol kesehatan.

"Tadi ada 6 orang yang kita minta baca surat Yasin. Terus ada juga yang dihukum memanjat pohon," ujarnya.

Warga Cilegon dihukum baca yasin dan naik ke pohon karena langgar protokol kesehatan. (Foto: M Iqbal/detikcom)Warga Cilegon dihukum baca yasin dan naik ke pohon karena langgar protokol kesehatan. (Foto: M Iqbal/detikcom)

Jajang mengatakan, warga yang diberi hukuman naik ke atas pohon diminta meneriakkan janji bahwa si pelanggar tak akan melanggar lagi.

"Kalau yang di atas pohon kita minta dia berjanji nggak melanggar lagi," kata Jajang.

Jajang mengatakan, polisi bakal terus menggelar razia protokol kesehatan untuk menekan angka penularan virus Corona. Warga diminta terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat keluar rumah.

(mae/mae)