KSP: Luhut Ditunjuk Tekan COVID-19 karena Mampu Eksekusi Arahan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 14:42 WIB
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) bersama calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin (kedua kiri) menyaksikan hasil hitung cepat Pemilu Presiden 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Pasangan Jokowi-Maruf Amin menyatakan akan menunggu hasil resmi dari KPU meskipun sejumlah lembaga survei memenangkan mereka dalam hitung cepat. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/HP.
Menko Marves Luhut Pandjaitan, Wapres Ma'ruf Amin, dan Presiden Jokowi. (Puspa Perwitasari/Antara Foto)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menekan kasus Corona di 9 provinsi. Kantor Staf Presiden (KSP) menyebut bahwa Luhut dinilai Jokowi mampu mengeksekusi arahan sang kepala negara.

"Saya kira penugasan ini biasa saja. Presiden ingin menugaskan sosok yang yang menurut beliau mampu melakukan atau mampu mengeksekusi arahan-arahan beliau, khususnya dalam penanganan COVID-19. Jadi saya kira kepercayaan terhadap Pak Luhut ini diberikan sesuai dengan kapasitas masing-masing sesuai dengan resources yang mereka miliki, untuk bisa segera menurunkan kasus COVID di 9 provinsi," kata Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Selain menjabat Menko, Luhut menjabat Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Donny mengatakan penunjukan Luhut untuk menekan angka Corona di 9 provinsi adalah hak prerogatif Jokowi.

"Saya kira itu prerogatif presiden untuk menunjuk siapa pun yang beliau percaya. Pak Luhut selama ini memang dipercaya presiden karena mampu mengeksekusi apa-apa yang diperintahkan. Jadi berbekal kepercayaan itu, ya Pak Luhut ditugaskan presiden untuk menurunkan atau menekan angka positif (Corona) di 9 provinsi," kata Donny.

"Jadi tidak perlu dipermasalahkan, prerogatif presiden. Presiden percaya kepada beliau karena selama ini beliau mampu mengeksekusi apa pun yang diminta oleh presiden. Jadi kepercayaan itu diberikan kepada Pak Luhut," ujar Donny.

Simak juga video 'Jokowi Minta Luhut-Doni-Terawan Tekan Kasus Corona di 9 Provinsi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2