Hotman Paris Sebut 'Kawasan Olahraga Ancol Buka Saat PSBB', Ini Kata Pemprov DKI

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 22:59 WIB
Hotman Paris bantah bangkrut
Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea (Foto: Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengungkap 'isi chat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan' menanggapi protesnya terkait PSBB ketat yang diberlakukan. Hotman menyebut kawasan olahraga terbuka di Ancol tetap bisa digunakan saat PSBB.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mengaku tidak mengetahui pesan Anies kepada Hotman. Gumilar belum bisa mengonfirmasi kebenaran isi chat yang diunggah Hotman tersebut.

"Wah saya belum konfirmasi, baru tahu," ujar Gumilar saat dihubungi, Senin (14/9/2020).

Namun, Gumilar memastikan kawasan Ancol ditutup selama masa PSBB ditutup. Penutupan itu dilakukan secara total, baik di kawasan olahraga maupun wisata.

"Ancol kan memang kawasannya tertutup, memang sudah ditutup kan. Jadi nggak bisa pengunjung masuk ke dalam, jadi kan secara logikanya nggak bisa diakses oleh masyarakat untuk entah itu olahraga, apakah itu berwisata, seperti itu sih," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menetapkan PSBB total terhitung mulai hari ini, 14 September 2020. Keputusan itu diprotes Hotman Paris yang menilai penutupan ruang terbuka karena PSBB total di Jakarta tidak tepat.

Menurutnya, ruang terbuka bisa dijadikan sarana masyarakat untuk berolahraga demi meningkatkan sistem imun di tengah pandemi COVID-19. Protes tersebut dilayangkan Hotman Paris melalui sebuah video di Instagram belum lama ini. Sayangnya, protes itu tidak ditanggapi oleh Anies Baswedan.

Tidak berhenti di situ, Hotman Paris langsung mengirimkan pesan singkat melalui WhatsApp ke Anies Baswedan. Tidak lama, pesan itu dibalas oleh orang nomor satu di Ibu Kota tersebut. Balasan tersebut kemudian dibagikan oleh Hotman Paris lewat Instagram. Isi pesan itu, kawasan ruang terbuka hijau akan tetap bisa digunakan.

"Kawasan olahraga ruang terbuka di pantai akan tetap bisa digunakan," tulis Hotman Paris, yang menyebut kalimat itu adalah isi pesan dari Anies Baswedan, di akun Instagramnya, seperti dilihat detikcom, Senin (14/9).

(man/azr)