SIDAK 14 September: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 22:27 WIB
Pendakwah Syekh Ali Jaber mengalami luka tusuk saat sedang berceramah di Lampung pada Minggu (13/9). Namun Syekh Ali menyebut apa yang dialaminya merupakan sebuah ujian. Di satu sisi, Sang Syekh berharap polisi mengusut tuntas kasusnya seraya berdoa pelaku diampuni Allah SWT.
Syekh Ali Jaber (Foto: Ferdian Zikran)
Jakarta -

Insiden penusukan terhadap penceramah Syekh Ali Jaber di Lampung menjadi berita yang banyak diperbincangkan hari ini. Selain itu, viral rombongan pesepeda masuk Tol Jagorawi yang bermula dari susur perkampungan juga menjadi berita populer hari ini.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 14/9/2020 NEYMAR NEMPELENG ORANG HINGGA UPDATE KASUS PENUSUKAN SYEKH ALI JABER yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 5 berita populer hari ini:

1. Rombongan Sepeda Masuk Tol Jagorawi Bermula dari Susur Desa

Video rombongan pesepeda yang masuk ruas Jalan Tol Jagorawi dan melawan arah viral di media sosial. Polisi melakukan penyelidikan dan mengecek kamera pengawas atau CCTV.

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Jagorawi Korlantas Polri, Kompol Fitrisia Kamila Tasran, menjelaskan rombongan pesepeda sebelum memasuki Jalan Tol Jagorawi sempat menyusuri permukiman dekat rest area Km 45. Kemudian rombongan pesepeda keluar melalui Jalan Raya Sukabumi.

"Pada pukul 08.45 WIB, keterangan dari security rest area (Tol Jagorawi) Km 45 bahwa pesepeda memulai kegiatannya dengan menyusuri jalan perkampungan di sebelah rest area Km 45. Kemudian untuk baliknya, para pesepeda diduga masuk dari Jalan Raya Sukabumi underpass yang menuju Tol Jagorawi, di mana jalan tersebut tidak ada gerbang tol," kata Kamila dalam keterangannya, Minggu (13/9/2020).

Rombongan pesepeda itu diketahui juga melakukan loading sepeda di rest area tol. Polisi telah melakukan penyelidikan dan satu orang saksi telah diperiksa.

"Jadi gini, soal tindak lanjutnya kami lagi mendalami, tapi memang sudah ada titik terang. Tadi kami sudah mendatangi salah satu timnya, tapi dia tidak ikut ke tol. Dia ikut di jalan arterinya, jalan perkampungan," kata Kamila ketika dihubungi wartawan, Senin (14/9/2020).

Selain itu, dia menambahkan, rombongan pesepeda tersebut bukan berasal dari satu komunitas. Dia juga mengatakan awalnya rombongan pesepeda tersebut berniat mengunjungi sebuah kedai kopi di kawasan Bogor yang sedang 'hits'.

2. Harga Pertalite Turun, Setara Premium Jadi Rp 6.450 Per Liter

PT Pertamina (Persero) mengajak masyarakat menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas untuk meningkatkan kualitas lingkungan. Pertamina menggelar berbagai promosi, di antaranya Pertalite harga khusus bagi kalangan tertentu, serta promo Cashback.

Pertamina meresmikan program Langit Biru di Tangerang Selatan, Minggu (13/9/2020). Program ini merupakan kelanjutan dari Program Langit Biru yang sudah lebih dulu dilaksanakan di Kota Denpasar sejak awal Juli 2020.

Serupa dengan program di Denpasar, pada program di Tangerang Selatan ini pun Pertamina memberikan promo berupa diskon harga produk Pertalite yang sama dengan harga produk Premium, yakni dari harga semula Rp7.650 per liter menjadi Rp6.450 per liter.

Promo ini berlaku di 38 SPBU di wilayah Tangerang Selatan untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot) serta taksi plat kuning.

"Selain kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, Pertamina juga menyasar angkot dan taksi plat kuning yang merupakan transportasi publik, sehingga diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas. Selain itu dengan harga khusus, kami mengajak pengendara ini mendapatkan customer experience. bahwa dengan BBM berkualitas mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga," ujar Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III Eko Kristiawan.

3. Syekh Ali Jaber: Saya Tak Terima Bila Penusuk Dianggap Gila, Dia Terlatih

Syekh Ali Jaber menyebutkan pelaku yang berusaha menikamnya saat mengisi acara di salah satu masjid di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, merupakan orang yang terlatih. Dia tidak terima bila pelaku dianggap gila.

"Saya masih tidak terima pelaku ini bila dianggap gila," kata Syekh Ali Jaber saat memberikan keterangan kepada media di Bandar Lampung, Senin (14/9/2020), seperti dilansir Antara.

Menurut Syekh, saat berhadapan langsung, pelaku mencoba menusuknya di bagian vital. Namun, karena ada sedikit gerakan darinya, pisau tersebut menuju lengan atas kanannya atau bahu.

"Reaksi pelaku saat berhadapan dengan saya dia coba tusuk kemudian karena gagal menusuk di bagian yang dinginkan pisau yang menancap di tangan ini coba ditariknya dengan kekuatan dan keberanian namun patah saat ada gerakan memutar dari saya. Melihat itu mohon maaf ini bukan seperti orang gila dia sangat berani bahkan terlatih," jelasnya.

Ia mengatakan, "Karena yang bersangkutan terlatih, pasti ada dalang atau orang di belakangnya yang menyuruh, wallahualam bisawab (hanya Allah Yang Maha Tahu)."

"Saya harap hukum dapat berjalan dan serta aparat keamanan dapat berlaku amanah, dan jujur karena kepercayaan kami kepada mereka sangat besar," kata dia.

4. Neymar Ngamuk Disebut 'Monyet'

Neymar diganjar kartu merah setelah menempeleng kepada Alvaro Gonzalez di laga PSG Vs Marseille. Usut punya usut, aksi Neymar dipicu usai mendapatkan pelecehan rasial dari Alvaro.

Pertandingan Paris Saint-Germain (PSG) vs Marseille di pekan kedua Liga Prancis, Senin (14/9/2020) dini hari WIB berlangsung panas. Dalam laga yang berakhir 1-0 untuk Marseille, wasit mengeluarkan 5 kartu merah seusai terjadi cekcok di lapangan antara kedua tim.

Salah satu kartu merah dilayangkan ke Neymar. Pemain bernomor punggung 10 itu diketahui menempeleng kepala Alvaro Gonzalez. Neymar berkilah, hal itu dilakukannya karena Alvaro melontarkan kata-kata rasis. Alvaro, menurut Neymar, mengeluarkan kata-kata monyet.

Neymar sudah menjelaskan panjang lebar perihal tersebut di media sosial Twitter pribadinya. Berbagai dukungan mengalir ke Neymar, salah satunya dari rekan setimnya di PSG dan timnas Brasil, Dani Alves.
Dani Alves memposting foto di Instagram pribadinya yang menampilkan saat dirinya sedang merayakan trofi juara bersama Neymar. Dia menuliskan caption dalam bahasa Portugis yang jika diartikan ke bahasa Indonesia, yakni 'Dalam olahraga maupun dalam kehidupan, kita hadir untuk menginspirasi orang, untuk mengubah kehidupan dan tidak ada ruang bagi orang yang menyatakan kebencian atau rasisme'.

'Semoga Anda tidak dibimbing oleh kebencian, saudaraku. Cinta adalah satu-satunya cara melawan kebencian, semoga Anda selalu dalam damai dan penuh kebaikan di dalam jiwa. Aku sayang kamu, bro'.

5. Syarat Penumpang Kereta Api dan Pesawat Keluar-Masuk Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pengendalian transportasi yang diberlakukan selama PSBB ketat di DKI Jakarta saat ini tetap sesuai dengan Permenhub 41 Tahun 2020 beserta aturan turunannya.

"Berdasarkan hasil koordinasi Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI yang telah berlangsung selama beberapa hari, pengendalian transportasi yang dilakukan tetap mengacu pada Permenhub 41 Tahun 2020 dan aturan turunannya yaitu Surat Edaran Menhub yang telah diterbitkan pada 8 Juni 2020 lalu," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya, Minggu (13/9/2020).

Adapun persyaratan untuk penumpang antar kota akan tetap mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas nomor 9 tahun 2020. Salah satunya adalah pemberlakuan kewajiban syarat rapid test (hasil non reaktif) atau tes PCR (hasil negatif).

Para operator diminta melakukan protokol yang telah tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 11 untuk transportasi darat, Nomor 12 untuk transportasi laut, Nomor 13 untuk transportasi udara, dan Nomor 14 untuk transportasi perkeretaapian, terlaksana sesuai ketentuan.

Operator juga wajib memastikan pembatasan kapasitas maksimal penumpang, menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, hingga melakukan penyemprotan disinfektan pada sarana dan prasaran transportasi secara berkala.

"Sesuai dengan yang disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, pembatasan jam operasional dan pembatasan kapasitas maksimal penumpang hingga 50%, masih diterapkan di moda transportasi publik perkotaan seperti di Trans Jakarta, MRT, LRT, KRL Jabodetabek, termasuk taksi dan angkot," ungkap Adita.

Sedangkan, untuk sepeda motor baik itu yang digunakan untuk keperluan pribadi maupun ojek termasuk yang berbasis aplikasi tetap diperbolehkan membawa penumpang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya pengguna transportasi umum untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer," kata Adita.

Jakarta juga tak lagi menerapkan syarat wajib SIKM (surat izin keluar masuk) bagi mobilisasi masyarakat dari dan ke Jakarta.

[Gambas:Youtube]

(azr/knv)