Negara Jadi-jadian

Negara Jadi-jadian Seperti Paguyuban di Garut Kenapa Terus Muncul?

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 10:25 WIB
Tampang Ketua Paguyuban di Garut yang ubah lambang Pancasila
Foto Mister Sutarman, pemimpin Paguyuban Tunggal Rahayu. (Hakim Ghani/detikcom)
Jakarta -

Paguyuban Tunggal Rahayu di Garut bak 'negara jadi-jadian'. Kelompok tersebut mengubah lambang negara Garuda Pancasila dan mencetak duit sendiri. Kenapa komunitas-komunitas seperti ini terus ada?

Paguyuban di Cisewu ini dipimpin oleh Mister Sutarman, yang mengaku sebagai Profesor Dr Ir H Cakraningrat SH. Dia mengklaim punya 13 ribu anggota yang tersebar di 34 provinsi. Pengikutnya mengaku sepekan sekali berkumpul untuk pengajian.

Kelompok seperti ini bukan yang pertama. Sebut saja Sunda Empire yang sempat heboh. Ada pula kelompok King of the King di Bandung atau Kerajaan Ubur-ubur di Banten.

"Ini bukan gejala hari ini saja," kata pemerhati budaya Sunda, Hawe Setiawan, kepada detikcom, Sabtu (12/9/2020).

Hawe mengamati kelompok-kelompok 'negara jadi-jadian' semacam itu muncul sebagai bentuk ekspresi masyarakat. Gejala sosial ini muncul sejak dulu hingga sekarang. Saat ini, ekspresi ini semakin mudah terlihat banyak orang karena bantuan teknologi internet, media sosial.

Masyarakat dunia, termasuk Sunda, punya konsep ratu adil, milenarisme, atau mesianisme. Masyarakat menantikan sosok yang bisa membebaskan mereka dari kesengsaraan, konkretnya adalah kesengsaraan ekonomi, bisa juga kebutuhan spiritual.

"Ini ekspresi kesulitan ekonomi juga bisa, atau mencari tambatan dan harapan perbaikan hidup, lantaran tidak semua harapan masyarakat terakomodasi oleh sistem yang berlaku," kata Hawe.

Di tengah kerinduan akan sosok ideal ratu adil itu, kelompok-kelompok nyentrik muncul membawa simbol-simbol budaya lokal. Mengutip Sartono Kartodirdjo, Hawe mengatakan gerakan ratu adil di masa lalu juga pernah muncul di Banten, Majalengka, Cirebon, Kuningan, dan daerah lainnya di Tatar Sunda. Jadi ini bukan fenomena sosial yang baru.

Lambang Pancasila Diubah di GarutLambang Pancasila diubah oleh Paguyuban Tunggal Rahayu di Garut (Istimewa)

Tonton video 'Tentang Paguyuban yang Bikin Heboh karena Ubah Lambang Garuda':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2