Kapal Muatan Batu Bara Tenggelam di Kaltim, 1 ABK Hilang

Suriyatman - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 17:17 WIB
Tim SAR Mencari Satu ABK yang Hilang Usai Kapal Muatan Batu Bara Tenggelam
Tim SAR Mencari Satu ABK yang Hilang Usai Kapal Muatan Batu Bara Tenggelam (Foto: Istimewa)
Kutai Kartanegara -

Satu kapal pengangkut batu bara di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, tenggelam terkena ombak besar di perairan Muara Berau. Akibatnya, satu anak buah kapal (ABK) hilang.

Anak buah kapal (ABK) bernama Sahrul Ramadani (20) diduga tenggelam bersama kapal, Rabu (9/9/2020) kemarin. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta mengatakan bahwa kapal sarat muatan itu tenggelam di perairan Muara Berau, Kutai Kartanegara, sekitar pukul 02.00 Wita.

"Siang tadi keluarga mendatangi kantor SAR Balikpapan dan melaporkan kejadian ini kepada kami, dan kami sudah melakukan pengecekan dan meminta keterangan sejumlah saksi," kata Melkianus.

Dari keterangan keluarga korban, lanjut Melkianus, korban bersama 4 temannya sedang berlayar dari Muara Berau menuju Samarinda. Namun, saat berlayar sekitar 2 kilometer dari arah muara, kapal terkena ombak besar dan arus cukup kencang sehingga nakhoda kesulitan menguasai kapalnya akibatnya kapal terbalik dan tenggelam.

"Diduga korban tidak bisa berenang sehingga saat itu langsung ikut tenggelam bersama kapal yang membawanya, sementara 4 ABK lainnya berhasil selamat setelah diselamatkan sejumlah warga yang ada di pos pantau di sekitaran lokasi kejadian," ucap Melkianus.

Saat ini tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Unit Siaga SAR Samarinda, sekira pukul 14.25 Wita bergerak ke lokasi kejadian yang dilaporkan, menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) dan Rescue Dmax. Tim masih berupaya mencari korban.

"Unsur SAR yang terlibat dalam operasi pencarian korban antara lain, selain dari kami, ada dari Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda, relawan Samarinda, dan juga keluarga korban," tutup Melkianus.

(maa/maa)