Lubang Semburan Air yang Dikira Lumpur di Bekasi Kini Ditutup Batu

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 12:08 WIB
Lubang Semburan Air yang viral kini ditutup batu
Foto: (dok.istimewa)
Bekasi -

Semburan 'lumpur' yang ternyata air di Kranggan, Kota Bekasi, Jawa Barat, viral di media sosial. Kini lubang semburan itu ditutup dengan batu.

"Sementara ditutup batu," ujar Camat Jatisampurna Wahyudin, lewat pesan singkat, Senin (7/9/2020).

Meski ditutup batu, tapi air masih keluar dari lubang tersebut. Pemkot Bekasi, kata Wahyudin, masih menginvestigasi kasus ini.

"Masih keluar (air) tapi nggak sebesar terdahulu dan sudah tidak menyembur tinggi, dan informasi dinas LH hari ini (bersama) tim provinsi akan turun ke lokasi," imbuh Wahyudin.

Wahyudin mengatakan pengeboran itu dilakukan oleh pihak tempat wisata kolam renang. Wahyudin tak bicara banyak mengenai ada tidaknya izin dari pihak kolam renang untuk melakukan pengeboran.

"Iya (pihak kolam renang yang mengebor tanah), makanya kami juga nunggu dari provinsi (Pemprov Jawa Barat) karena kewenangan perizinan air tanah sekarang provinsi," lanjutnya.

Wahyudin tak mengetahui tujuan pihak kolam renang mengebor tanah.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, tampak semburan air keluar dari tanah. Air tersebut tampak berwarna lebih gelap sehingga menyerupai lumpur.

Sekitar lokasi semburan tampak tergenang air. Insiden semburan itu diketahui terjadi di Kranggan, Jatisampurna, Kota Bekasi, pada Sabtu (7/9).

"Semburan lumpur kayak Lapindo di sekitaran Kranggan, Bekasi," caption yang tertera dalam unggahan tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Pondok Gede AKP Supriyanto menegaskan semburan tersebut bukan lumpur, melainkan hanya air. Pihak kepolisian pun sudah mengecek ke lokasi kejadian.

"Bukan semburan lumpur, semburan air itu," ungkap Supriyanto ketika dihubungi detikcom, Sabtu (9/5/2020).

(isa/mea)