Hoax Bikin Rusuh

Mirip Prada Ilham, Hitler Juga Pernah Bikin Hoax Pemicu Penyerangan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 08:37 WIB
Adolf Hitler: Bagaimana pemimpin Nazi ini meninggal dan mengapa banyak misteri di seputar kondisi jenazahnya?
Foto: Patung Adolf Hitler (BBC World)

Nazi Jerman menduduki sisa Polandia ketika menginvasi Uni Soviet pada Juni 1941. Polandia tetap di bawah pendudukan Jerman sampai Januari 1945.

Hoax yang memicu Perang Dunia II itu terungkap setelah ketahuan tentara Jerman sendiri yang membunuh pasukan perbatasan Polandia. Karena sejak 1938 Jerman sudah mempersiapkan pendudukan terhadap negara tetangganya itu.

Apa yang dilakukan Hitler ini mirip seperti dengan hoax yang dipakai Prada Ilham, meskipun skala penyerangannya jelas berbeda. Peristiwa penyerangan Polsek Ciracas terjadi pada dini hari, Sabtu (29/8). Sejumlah kendaraan dan bangunan di Polsek Ciracas dirusak hingga dibakar. Selain Polsek Ciracas, Polsek Pasar Rebo diserang.

Belakangan diketahui, perusakan itu diduga disebabkan oknum anggota TNI, Prada Muhammad Ilham. Prada Ilham, yang mengalami kecelakaan tunggal, mengaku dikeroyok sehingga memicu perusakan itu.

Status Prada Ilham sampai sekarang belum ditetapkan sebagai tersangka. Alasannya, Prada MI masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Terkait bagaimana proses untuk Prada MI, peningkatan status Prada MI, sampai sekarang sudah dimintai keterangan terkait hukum ke arah sana, tapi peningkatan status Prada MI sampai sekarang belum ditetapkan (tersangka), karena alasannya masih dalam perawatan kesehatan di rumah sakit," kata Komandan Polisi Militer (Danpom) Kodam Jaya Kolonel CPM Andrey Swatika Yogaswara, dalam jumpa pers di Puspomad, Jakarta Pusat, Kamis (3/9).


(rdp/dnu)