Hoax Bikin Rusuh

Mirip Prada Ilham, Hitler Juga Pernah Bikin Hoax Pemicu Penyerangan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 08:37 WIB
Adolf Hitler: Bagaimana pemimpin Nazi ini meninggal dan mengapa banyak misteri di seputar kondisi jenazahnya?
Foto: Patung Adolf Hitler (BBC World)
Jakarta -

Oknum TNI Prada Muhammad Ilham (MI) membuat heboh setelah menyebarkan berita bohong atau hoax kepada rekannya hingga menyebabkan Polsek Ciracas, Jakarta Timur (Jaktim), diserang. Hoax sebagai dalih penyerangan pernah dipakai oleh Kanselir Jerman yang kontroversial, Adolf Hitler.

Seperti dikutip dari situs Museum Memorial Holocaust AS (United States Holocaust Memorial/USHMM), pada 1 September 1939, Jerman menginvasi Polandia. Untuk membenarkan tindakan tersebut, para propagandis Nazi secara salah mengklaim bahwa Polandia telah berencana, bersama sekutunya, Inggris Raya dan Prancis, mengepung dan memecah-belah Jerman dan bahwa Polandia sedang menganiaya etnis Jerman. Schutzstaffel (SS)--organisasi keamanan dan militer besar milik Partai Nazi Jerman--berkolusi dengan militer Jerman, melancarkan serangan palsu Polandia di sebuah stasiun radio Jerman.

Hitler kemudian menggunakan hoax ini untuk meluncurkan kampanye 'pembalasan' terhadap Polandia. 'Mereka menembaki tentara Jerman pada pukul 05.45," klaim Hitler seperti dilansir DW.

Polandia terlambat dimobilisasi, dan pertimbangan politik memaksa tentaranya melakukan penempatan yang tidak pas. Polandia juga kalah jumlah.

Serangan Hitler di Polandia pada 1 September 1930.Serangan Hitler di Polandia pada 1 September 1930. Foto: (AFP Photo/-)

Meski bertempur dengan gigih dan menimbulkan korban serius di pihak Jerman, tentara Polandia dikalahkan dalam beberapa minggu. Dari Prusia Timur dan Jerman di utara dan Silesia dan Slovakia di selatan, unit Jerman, dengan lebih dari 2.000 tank dan lebih dari 1.000 pesawat, menerobos pertahanan Polandia di sepanjang perbatasan dan maju ke Warsawa dalam serangan pengepungan besar-besaran.

Setelah penembakan dan pengeboman hebat, Warsawa menyerah kepada Jerman pada 27 September 1939. Perang Dunia II meletus. Inggris dan Prancis, dengan tetap menjaga jaminan perbatasan Polandia, telah menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 September 1939.

Disusul dengan Uni Soviet, yang menginvasi Polandia timur pada 17 September 1939. Perlawanan terakhir berakhir pada 6 Oktober.

Kemudian, pada Oktober 1939, Jerman secara langsung mencaplok bekas wilayah Polandia di sepanjang perbatasan timur Jerman: Prusia Barat, Poznan, Silesia Atas, dan bekas Kota Bebas Danzig.