Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Kalemdiklat Lantik 125 Bintara Perawat-Bidan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 07:01 WIB
Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto melantik 125 bintara perawat dan bidan
Foto: Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto melantik 125 bintara perawat dan bidan (dok. istimewa)
Jakarta -

125 Bintara dengan kompetensi khusus perawat dan bidan telah dilantik. Hal ini bertujuan agar Polri dapat meningkatkan pelayanan kesehatan baik untuk internal maupun masyarakat.

"Telah dilantik 125 terdiri dari 76 pria dan 49 wanita (20 orang bidan dan 29 perawat) Bintara Remaja Polri Kompetensi khusus Perawat dan Bidan," kata Kalemdiklat Polri, Komjen Arief Sulistyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (3/9/2020).

Pelantikan para bintara dilakukan pada Senin (31/8) kemarin. Arief menjelaskan 125 bintara ini telah dididiik pihaknya selama 4 bulan. Pasca-dilantik, mereka akan ditugaskan di RS Bhayangkara dan jajarannya di tingkat polda serta Lemdiklat Polri.

"Para Bintara ini dididik di Lemdiklat Polri selama 4 bulan yang direkrut dari lulusan SMK Perawat/ Bidan dan Lulusan Akademi Perawat (D-3). Mereka akan ditugaskan di Rumah Sakit Bhayangkara Polri, baik di pusat maupun di polda-polda, dan di jajaran Lemdiklat Polri," jelas Arief.

"Langkah ini merupakan kebijakan pimpinan Polri untuk menambah jumlah tenaga para medis guna peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah sakit Polri , khususnya yang saat ini untuk menghadapi penanggulangan COVID-19," sambung dia.

Arief kemudian menerangkan perekrutan, pendidikan dan pelatihan (diklat) bintara dengan kompetensi khusus ini sudah dilkukan tiga tahun silam. Tak hanya dari bidang kesehatan, Polri juga merekrut alumnus SMK musik, komputer, kelautan hingga penerbangan.

"Kebijakan ini merupakan terobosan yang telah dimulai sejak 2017 untuk penyiapan tenaga Bintara yang terampil dalam bidang tugas khusus, dengan merekrut lulusan SMK pada bidang yang dibutuhkan Polri. Sebagai contoh untuk memenuhi kebutuhan personil satuan musik direkrut dari SMK Musik, Bintara Kompetensi IT direkrut dari SMK Komputer/IT , Bintara Pol Air dan Udara direkrut dari SMK Kelautan/ Perkapalan dan Penerbangan. Pendidikan Bintara Perawat dan Bidan baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini," terang Arief.

Arief berpesan agar para bintara yang baru saja dilantik tetap ditempatkan sesuai dengan kompetensinya. Jika ditempatkan tak sesuai kompetensinya, Arief menilai akan memberi dampak pada perkembangan karier kepolisian para bintara itu.

"Jangan sampai ditugaskan di luar bidang kompetensinya. Konsistensi dalam pembinaan karier mereka akan sangat menentukan perkembangan karier dan profesionalitas para bintara ini. Setelah dilantik sebagai anggota Polri. Dalam pengantar sumpah, saya menekankan agar para bintara memahami , menghayati dan mentaati sumpah sebagai anggota Polri," tutur Airef.

Dia meminta para bintara tak melanggar sumpah sebagai anggota Polri. Usai dilantik, Komjen Arief menyerahkan para bintara ke Kapusdokkes Brigjen Rusdiyanto.

"Jangan pernah melanggar atau mengkhianati sumpah yang telah diucapkan sampai masuk ke liang lahat. Karena sumpah itu adalah sumpah kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa," pungkas Arief.

Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto melantik 125 bintara perawat dan bidanFoto: Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto melantik 125 bintara perawat dan bidan (dok. istimewa)
(aud/fjp)