Penggali Kubur Temukan Ratusan Koin di Aceh, Ada Tulisan Queen Victoria 1883

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 18:15 WIB
Penggali kubur temukan koin langka di Aceh (dok. Istimewa)
Penggali kubur temukan koin langka di Aceh. (Foto: Istimewa)
Banda Aceh -

Empat penggali kuburan di Desa Deah Pangwa, Trienggadeng, Pidie Jaya, Aceh, menemukan sekitar 200 keping koin ketika tengah menggali kuburan. Koin tersebut di antaranya bertuliskan tahun 1873 hingga 1891.

"Uang koin itu ditemukan di tanah kebun ahli waris Teungku Raden ketika menggali kubur untuk pemakaman almarhum Ainol Marziah," kata Imam Masjid Deah Pangwa, Tgk Munawir, saat dimintai konfirmasi, Kamis (3/9/2020).

Ratusan keping koin itu ditemukan terbungkus plastik pada kedalaman 1 meter pada Selasa (1/9) lalu. Keempat penggali kubur sempat kaget ketika melihat bungkusan tersebut.

Setelah diangkat ke atas permukaan, isinya ternyata koin. Tulisan pada uang tersebut rata-rata sudah tidak terbaca jelas.

Namun beberapa di antaranya masih terlihat bertulisan 'Queen Victoria 1883, British lorth Borneo 1880, One Cent 1873, Peso 2 T Erado 1891'. Munawir menduga uang tersebut sengaja dikubur ketika masa perang dengan Belanda.

"Rencananya uang tersebut nanti akan dikembalikan kepada keluarga pemilik tanah. Sekarang uangnya saya simpan di rumah saya," jelas Munawir.

(agse/haf)