Megawati-Puan Akan Umumkan Rekomendasi PDIP di Pilwali Surabaya Siang Ini

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 09:10 WIB
Massa DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur (Jaktim) melakukan longmarch dari Jalan Matraman Raya menuju Polres Jakarta Timur.
Bendera PDIP (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Surabaya -

PDIP akan mengumumkan rekomendasi calon wali kota Surabaya pengganti Tri Rismaharini siang ini. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri diagendakan akan memberikan arahan, sedangkan Ketua Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani dijadwalkan membacakan rekomendasi.

"Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan pengarahan kepada para paslon. Sementara Ketua DPP Bidang Politik Mbak Puan Maharani akan membacakan daftar pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah pada sejumlah kabupaten/kota, termasuk Kota Surabaya," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020).

Paslon yang akan diumumkan PDIP untuk Pilkada Kota Surabaya memang begitu dinantikan. PDIP selama 20 tahun mendudukkan kadernya untuk memimpin Kota Pahlawan.

"PDIP selalu melihat momentum. Dipandu oleh kesabaran revolusioner di dalam mempertimbangkan calon terbaik, maka momentum tersebut telah tiba. Segala sesuatunya diputuskan melalui sebuah proses dan diumumkan secara khusus sesuai protokol partai. PDI Perjuangan juga mempertimbangkan adanya element of surprise, yang menyatukan kehendak rakyat di dalam pengambilan keputusan politik. Paslon yang akan diusung partai adalah calon mumpuni, dan partai siap bekerja sama dengan seluruh kekuatan politik guna menjaga kesinambungan kemajuan di Kota Surabaya," papar Hasto.

"Meskipun akhir-akhir ini ada upaya yang terkesan mengeroyok PDI Perjuangan, namun kami memiliki keyakinan masyarakat Surabaya mengapresiasi kerja dan program nyata yang telah dilaksanakan Pak Bambang DH yang kemudian diteruskan Ibu Risma dan akan dilanjutkan oleh paslon yang diputuskan," lanjut Hasto.

Sebagaimana calon kepala daerah di tempat lainnya, paslon PDIP siap bertarung di Surabaya. Partai solid bergerak dan bergotong royong untuk memenangkan paslon yang diputuskan.

Menurut Hasto, PDIP memberikan perhatian terhadap pilkada Surabaya dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Timur, mengingat kontribusi suara yang signifikan dalam memenangkan Pileg dan Pilpres tahun lalu

"Hasil pemilu tahun lalu di Jawa Timur menjadi modal bagi PDIP menghadapi sejumlah pilkada di wilayah Jawa Timur. Intinya semua bergerak memenangkan paslon. Semangat ini juga ditanamkan di seluruh Pilkada Serentak 2020," ujar Hasto.

Sebelumnya diberitakan, PDIP akan mengumumkan rekomendasi paslon Pilkada Kota Surabaya hari ini. Berbeda dari wilayah lainnya, khusus Surabaya, amplop rekomendasi akan dirobek DPP PDIP secara langsung.

"Saya sampaikan, hingga pagi ini, kami sama sekali tidak tahu calon wali kota dan calon wakil wali kota yang akan direkomendasi. Pengumuman akan dibuka dari amplop tertutup, langsung oleh DPP. Jadi yang mengetahui hanya Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono, yang akrab disapa Awi, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (2/9).

Tonton video 'Cawalkot Surabaya Belum Diumumkan, Mega Perintahkan PDIP Jatim Konsolidasi':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/isa)