Nama Ma'ruf Amin Dinilai Sulit Dongkrak Adly Fairuz di Pilkada Karawang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 07:29 WIB
Cucu Wakil Presiden Maruf Amin, Ahmad Adly Fairuz diusung PDIP menjadi calon wakil bupati Karawang. Ia akan berpasangan dengan Yessy Karya Lianti.
Foto: dok detikcom
Karawang -

Artis Adly Fairuz, yang akan maju ke Pilkada Karawang, Jawa Barat, pada Desember 2020, ramai diperbincangkan karena punya hubungan famili dengan Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin. Namun, nama besar Ma'ruf Amin dinilai sulit mendongkrak nama Adly di Pilkada Karawang.

"Agak sulit (menguntungkan) yang menurut saya," ujar guru besar komunikasi politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Karim Suryadi, ketika dihubungi, Selasa (1/9/2020).

Karim menilai nama Ma'ruf Amin sama sekali tak melekat kepada sosok Adly Fairuz layaknya hubungan Megawati Soekarnoputri dengan presiden pertama Indonesia, Ir Sukarno. Ma'ruf Amin, kata Karim, dianggap belum dapat membangkitkan solidaritas publik.

"Apa identitas Ma'ruf Amin yang bisa membangkitkan solidaritas publik itu? Apa karena sosok dia sebagai Wakil Presiden? Itu belum termanifestasi dalam bentuk pikiran, dalam bentuk ucapan, dalam bentuk gerakan, yang khas sebagai Ma'ruf Amin," tuturnya.

Karim mencontohkan sosok Presiden Jokowi yang terkenal akan baju hitam-putih. Siapa pun yang mengenakan pakaian hitam-putih akan melekat pada sosok Jokowi. Faktor itulah yang dinilai tak dimiliki Ma'ruf Amin.

"Pertanyaan saya adalah kesan apa yang direkatkan oleh Ma'ruf Amin yang sampai sekarang belum nampak," imbuh Karim.

Menurutnya, hanya ada satu cara untuk mengaitkan Adly Fairuz dengan Ma'ruf Amin. Adly dinilai perlu memberikan statement terkait hubungan famili dengan Ma'ruf Amin. Meski begitu, jika pernyataan tersebut sudah dikeluarkan, tak banyak berarti menguntungkan Adly.

"Mengapa tidak menguntungkan? Karena pemilih akan memilih sosok wakil bupati yang jelas identitasnya bukan orang yang berlindung di balik ketiak siapa pun," tegas Karim.

Pemilih, kata Karim, akan rasional. Mereka akan memilih calon bupati dan wakil bupati sesuai dengan kredibilitas dan prestasi.

Diketahui, Adly Fairuz akan mendampingi Yessy Karya Lianti dalam kontestasi Pilkada Karawang 2020. Pasangan ini telah mendapatkan sokongan dari empat partai, yaitu PDIP, PBB, PAN, dan PPP.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan PDIP mengusung Adly Fairuz di Pilkada Karawang bukan karena persoalan cucu Ma'ruf Amin. Ia menyebut Adly memiliki rekam jejak yang baik, dari jadi pemeran sinetron 'Cinta Fitri' hingga cocok dengan Yessy Karya Lianti.

"Cucu Ma'ruf Amin, Adly, tadi, kita lihat dia sosok muda yang kami katakan bukan karena dia anak atau cucu siapa, kemudian kehilangan haknya untuk dicalonkan, yang penting adalah komitmennya, kesediaannya untuk mengikuti proses," kata Hasto saat konferensi pers virtual, Jumat (28/8).

(isa/idn)