Isu 'PAN Reformasi', PAN: Mumtaz Rais Tidak Gelisah Galau Merana

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 10:17 WIB
Viva Yoga Mauladi
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Cibiran Ketua DPP PAN Mumtaz Rais terhadap PAN Reformasi dianggap sebagai bentuk kepanikan. Waketum PAN Viva Yoga Mauladi menepis anggapan tersebut.

"He-he-he... sama sekali tidak panik. Tidak 'gegana', gelisah, galau, dan merana," kata Viva kepada wartawan, Selasa (1/9/2020).

Viva mengatakan PAN terus berkonsolidasi usai Kongres Kendari. Basis-basis militan partai juga terus dibangun.

"PAN tetap aktif menjalankan konsolidasi organisasi pascakongres sesuai AD/ART hasil kongres PAN di Kendari, Februari 2020. PAN saat ini concern menjalankan program membangun basis militan di basis sosial PAN," ujar Viva.

Soal PAN Reformasi, Viva mengatakan pihaknya menyayangi Amien Rais sebagai salah seorang pendiri partai. Namun dia mengingatkan, jika mendirikan partai baru, Amien Rais dianggap keluar dari PAN.

Seperti diketahui, tokoh senior PAN yang juga besan Zulkifli Hasan, Amien Rais, sedang menggodok partai baru yang kemungkinan akan bernama 'PAN Reformasi'. Partai baru itu akan dideklarasikan pada Desember mendatang.

"Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat," kata loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada wartawan, Sabtu (29/8).

Kemunculan PAN Reformasi disikapi dengan cibiran oleh putra Amien Rais, yakni Mumtaz Rais. Mumtaz menyebut PAN Reformasi sebagai 'PAN Halusinasi'.

"Mereka (anggota Dewan dan kepala daerah PAN) semua sibuk bekerja, bukan seperti para pengangguran itu yang luntang-lantung berhalusinasi mau bikin partai. Kalau memang PAN halusinasi (baca: PAN Reformasi) ini sampai beneran terbentuk dan diisi oleh seperempat saja dari anggota Dewan kita yang berjumlah sekitar 1.500-an, maka saya sebagai Ketua PoK DPP penjaga tangguh benteng PAN ini akan berenang dari pantai Kapuk sampai Labuan Bajo, sebagai bentuk giveaway, persembahan dari saya," kata Mumtaz kepada wartawan, Senin (31/8).

(rfs/tor)