Penulis NKCTHI Marchella FP Sharing Proses Pembuatan Karya Desain

Reyhan Diandri - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 13:45 WIB
maxstream
Foto: maxstream
Jakarta -

Aplikasi video streaming Telkomsel MAXstream menghadirkan serial kelas online Passion Project, reality show original MAXstream yang berfokus pada satu topik tertentu untuk menggali lebih dalam passion serta menambah wawasan baru bagi pelanggan mengenai topik yang dibahas. Acara dikemas dengan pembawaan yang ringan dan dan dibawakan oleh pembicara terpilih dengan durasi selama 1 jam.

Topik pembahasan pun juga sudah disesuaikan sehingga mudah dimengerti dan pelanggan dapat langsung menerapkan topik terkait dari rumah. Para pembicara juga akan membagikan latar belakang kisah mereka serta tips dan trik bagaimana mengeksplorasi passion di dalam diri.

Serial Passion Project dihadirkan untuk menambah konten original bergenre edukasi yang belum pernah ada sebelumnya di dalam aplikasi MAXstream. Dalam mengembangkan MAXstream sebagai layanan portal video lengkap dan berkualitas, MAXstream selalu menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat pelanggan, sesuai dengan semangat transformasi Telkomsel sebagai digital telco company yang fokus menyajikan layanan yang customer-centric.


Dalam episode keempat kali ini, pelanggan akan diajak untuk mempelajari cara mendesain karya yang dimulai dari proses awal hingga akhir dalam kelas Design bersama Marchella FP, penulis buku 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini' (NKCTHI) dan 'Generasi 90an' yang juga berprofesi sebagai seorang graphic designer.

Marchella mengatakan untuk membuat karya desain, pertama-tama harus dimulai dari pencarian ide. Biasanya pencarian ide itu dimulai dengan brainstorming mengenai isu-isu apa yang mau diangkat dan dijadikan desain.

"Misalnya mentah banget nih gak tau mau ide apa, biasanya gue cari kertas kosong yang besar terus gue mulai nih bikin tulisan-tulisan. Oke isu yang mau gue angkat, misalnya tentang quarter life crisis atau hal negatif mendapatkan panggung yang lebih besar media. Nantinya dari situ gue mulai turunin, setelah brainstorm baru gue kembangkan," ungkap Marchella.

Menurut Marchella, setelah sudah menemukan ide besar tersebut dirinya mencari poin-poin apa yang penting dan mengkurasi semua poin tersebut. Setelah menemukan poin pembahasan yang tepat, kemudian ide tersebut ia mulai rancang kembali dengan moodboard.

"Moodboard gue mulai biasanya dengan mencari referensi sebanyak-banyaknya dari beragam bentuk. Misalnya gue bikin ilustrasi gitu desainnya, gue gak TOK nyari referensi dari ilustrasi doang. Gue nyari dari film, dari lagu apa, dari potongan video klip, dan lainnya untuk menggambarkan suasana dalam karya itu secara garis besar. Itu yang gue kumpulkan jadi satu moodboard," jelasnya.

Marchella mengatakan setelah pembuatan moodboard selesai, ia akan membuat visual approach atau desain apa yang mendekati dengan desain ini. Misalnya desain kompetitor, dari banyak desain kompetitor tersebut ditaruh dan dibandingkan lalu baru mulai melakukan sketch.

"Jadi gue mulai dengan sketch dulu, desainnya ada di sini, layout-nya ada di sini, tulisan ada di sini, terus warnanya kira-kira gue udah pilih tone pallete. Setelah itu gue biasanya riset dan membuat target market produk tersebut," jelas Marchella.

Marchella menjelaskan beberapa cara untuk mengeksekusi pembuatan ilustrasi. Ia mengatakan proses eksekusi ini akan lebih panjang waktunya, karena ia perlu memproses setiap kalimat menjadi visual. Masih banyak penjelasan mengenai proses desain dari Marchella yang diberikan secara sangat ringkas serta mudah dipahami.

Ia juga membagikan beberapa tips mengenai manajemen waktu dalam membuat desain. Penasaran dengan keseluruhan proses desain dan tips tersebut? Saksikan video lengkap kelas Design dalam Passion Project bersama Marchella FP yang bisa kamu saksikan di sini.

Selain Marchella dengan keterampilan desainnya, masih banyak episode menarik untuk terus ditonton. Seperti Aries Lukman dengan kelas Smartphone Photography, Ananda Omesh yang berbagi tips dan trik bermotor, Jansen Ongko dengan kelas Fitness & Wellness, Lale dan Ilman yang akan berbagi tips dan trik memproduksi musik yang bagus, Bimo Kusuma yang berbagi tips Voice Over, dan Hedi Rusdian yang mengajarkan tentang cara asik bercocok tanam dan memasak.

Pengguna MAXstream bisa menyaksikan seluruh episode dalam program Maxstream Passion Project tersebut setiap hari Kamis hanya di aplikasi MAXstream. Kehadiran serial Passion Project semakin memperkaya konten yang dimiliki oleh MAXstream Original.

Sebelumnya, MAXstream Original telah menghadirkan banyak serial dengan berbagai genre, sebut saja reality show keluarga dalam serial Di Rumah Bareng Gen Halilintar, film anak Naura dan Genk Juara, talkshow Let's Talk From Home, serta drama komedi Julid Oh Julid. Sejak diluncurkan pada pertengahan 2018, MAXstream telah menjadi layanan video streaming terpopuler di Indonesia dan telah diunduh lebih dari 20 juta kali. Di tahun ini MAXstream fokus menghadirkan tayangan hiburan, edukasi pengembangan diri, dan keluarga.

Kamu bisa menyaksikan seluruh episode dalam program Maxstream Passion Project tersebut di sini. Ikuti juga media sosial Instagram @maxstream.tv biar gak ketinggalan tayangan terbaik MAXstream Passion Project untuk kembangkan passion di dalam diri.

(mul/mpr)