Isu Reshuffle, Pengamat: Mentan Bawa Pertanian Jauh Lebih Baik

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 12:46 WIB
Syahrul Yasin Limpo
Foto: Kementan
Jakarta -

Pengamat pangan Sujarwo menilai Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berhasil membawa perubahan besar di sektor pertanian ke arah yang lebih baik. Syahrul telah merancang program jangka panjang untuk kemajuan dan kesejahteraan petani Indonesia.

Menurut Sujarwo yang juga menjabat Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya perbaikan yang dilakukan secara bertahap oleh Syahrul mulai memberi dampak positif pada sektor pertanian. Ia memandang menteri kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu telah bekerja dengan baik dalam setahun ke belakang.

"Isu tentang penggantian Menteri Pertanian menurut saya tidak menjadi strategis dibicarakan karena ada realitas menunjukkan tren yang cukup baik di sektor pertanian, terutama di tengah lesunya tarikan demand seluruh sektor perekonomian. Dengan kata lain, Mentan Syahrul bawa pertanian kita jauh lebih baik," kata Sujarwo dalam keterangan tertulis yang dihimpun detikcom, Senin (31/8/2020).

Sektor pertanian, kata Sujarwo, saat ini sudah memiliki tujuan besar yang berorientasi pada kesejahteraan petani. Program-program Kementan juga dianggap mampu mengangkat image dan kinerja pertanian yang lebih maju dan modern. Sektor pertanian kini sudah lebih banyak melibatkan teknologi dalam upaya penguatan sustainable agriculture di Indonesia.

"Yang penting bagi kementerian pertanian adalah berhati-hati dalam mengambil kebijakan dan menguatkan sistem informasi pertanian yang akurat sehingga mengurangi potensi kegaduhan," saran Sujarwo.

Kinerja sektor pertanian menunjukkan tren positif. Di kuartal II 2020 PDB Sektoar pertanian mampu bertumbuh 16,24% q to q, dan juga tercatat tumbuh 2,19% secara yoy. Pertanian menjadi sektor yang tetap menunjukkan kinerja positif ketika pertumbuhan ekonomi nasional berkontraksi 5,32% yoy.

Program diversifikasi pangan yang diinisiasi Kementan juga mendapat respon positif dari masyarakat. Sujarwo menilai program ini bisa menguatkan ketahanan nasional dengan melibatkan langsung seluruh lapisan masyarakat.

"Saya berharap kinerja Mentan Syahrul tidak terpengaruh dan tetap mengawal sektor pertanian kita ke arah yang lebih baik lagi," ujar Sujarwo.

Tonton video 'Jokowi-Prabowo Siapkan Lumbung Pangan, Antisipasi Krisis Pangan':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mul)