Long Weekend Jadi Kambing Hitam Corona DKI, Fakta Ini yang Terjadi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 20:00 WIB
Jelang libur panjang, kemacetan langsung terjadi di sejumlah jalan ibu kota. Kepadatan kendaraan membuat lalin menjadi macet.
Suasana long weekend Agustusan kemarin. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI mengumumkan tingginya angka kasus COVID-19. Momen libur panjang ditengarai sebagai biang keladi penularan COVID-19. Ini fakta-fakta yang telah terjadi saat libur panjang yang kini jadi kambing hitam.

Dugaan bahwa libur panjang menjadi penyebab penularan COVID-19 ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia. Dia menghitung mundur tanggal pengambilan spesimen tes COVID-19 dikurangi masa inkubasi virus Corona.

Pengambilan spesimen tes Corona adalah 27 Agustus 2020 kemarin. Angka 27 perlu dikurangi 6 hari, berasal dari masa inkubasi virus Corona, berarti 21 Agustus. 21 Agustus dikurangi lagi dengan jeda 1 hingga dua hari yang digunakan pasien untuk menuju momen tes COVID-19. Maka ketemulah 19 Agustus.

Beberapa hari sebelum 19 Agustus, warga Jakarta mendapat libur panjang, yakni dari 16 Agustus, plus 17 Agustus 2020, alias dari Sabtu hingga Senin.

Masa inkubasi virus Corona adalah 6 hari (inkubasi adalah lama waktu dari virus masuk sampai dengan menimbulkan gejala), lalu pasien mengakses pemeriksaan PCR 1-2 hari kemudian, maka periode penularan tertinggi terjadi pada 16-17 Agustus 2020.

"Angka pengambilan spesimen pada 27 Agustus juga cukup tinggi, perlu dipertimbangkan efek long weekend dua minggu berturut-turut. Perlu adanya kewaspadaan dan usaha bersama, baik oleh Pemerintah maupun masyarakat, dalam melihat tren kenaikan kasus ini," kaya Dwi Oktavia dalam keterangan tertulis di situs Pemprov DKI, Minggu (30/8/2020).

Tonton video 'Pentingnya Protokol VDJ untuk Mengurangi Risiko Penularan COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



Sepekan setelah itu, ada lagi libur panjang akhir pekan (long weekend) yang diawali dengan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram pada 20, 21, 22, hingga 23 Agustus 2020.

Berikut adalah fakta-fakta dari libur long weekend itu:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3