Golkar Usung Ketua DPRD Riau yang Viral soal Heli BNPB di Pilkada Bengkalis

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 13:00 WIB
https://dprd.riau.go.id/pimpinan-dewan/
Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan (Dok. dprd.riau.go.id)
Bengkalis -

DPP Golkar disebut telah memutuskan mengusung Ketua DPRD Riau Indra Gunawan alias Eet sebagai bakal calon bupati di Pilkada Bengkalis 2020. Golkar mengaku yakin video viral soal Eet diduga menggunakan helikopter BNPB untuk hadir ke acara partai tak berpengaruh terhadap elektabilitas.

"Saya kira soal pemakaian heli tersebut tidak akan mempengaruhi dalam pemilihan Pilkada di Bengkalis," kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD Golkar Riau, Ikhsan, kepada wartawan, Kamis (27/8/2020).

Menurut Ikhsan, di Pilkada Bengkalis, Eet bakal berpasangan dengan Samda Dalimunte. Golkar mengatakan hasil survei menunjukkan elektabilitas Eet di Bengkalis cukup tinggi.

"Hasil survei kita menunjukkan dukungan terhadap keduanya cukup tinggi. Ini menjadi pertimbangan partai apalagi Eet adalah kader Golkar sendiri," kata Ikhsan.

Ikhsan enggan berkomentar soal penggunaan heli BNPB oleh Eet. Dia yakin persoalan tersebut tidak akan mengganggu Eet mendulang suara di Pilkada Bengkalis.

"Soal itunya (penggunaan heli) saya tidak mau berkomentar. Tapi saya yakin, itu tidak mempengaruhi untuk mendulang suara masyarakat di Bengkalis," kata Ikhsan.

Golkar memiliki delapan kursi dari 45 kursi di DPRD Bengkalis. Untuk mencukupi persyaratan 20 persen kursi di DPRD, pihaknya berkoalisi dengan Perindo yang punya satu kursi.

"Jumlah kita sudah sembilan kursi yang sudah bisa mencalonkan pasangan. Namun demikian, kita tetap melakukan pendekatan ke partai lainnya," Ikhsan.

Sebelumnya, Eet terseret video viral memakai helikopter BNPB untuk menghadiri acara Partai Golkar. Bukan cuma satu, ada dua video viral yang menunjukkan Eet disambut orang-orang beratribut terkait Golkar saat turun dari helikopter BNPB.

Eet juga sudah buka suara. Sekretaris Golkar Riau ini menepis dirinya secara khusus menumpangi heli BNPB untuk keperluan partai.

"Tak ada (bukan urusan parpol) saya di situ disambut masyarakat iya. Kan yang salah satu pakai atribut partai, ya memang semua pengurus DPRD ini kan semua pengurus partai, tanpa partai mana bisa duduk di DPRD, begitu," kata Eet, Selasa (25/8).

"Ini kunjungan kerja karhutla di daerah Bukit Batu, Siak Kecil, Dumai, lewat Siak. Nanti saya buat laporan kepada Pemerintah Provinsi atau ke BNPB nanti akan laporan resmi, pilotnya tahu itu tempat titik-titik kordinatnya," sambungnya.

Namun belakangan, Eet mengatakan dirinya naik heli BNPB itu untuk memantau illegal logging. Dia mengatakan pemantauan itu dilakukan dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPRD Riau. Dia juga menyebut karhutla di Riau bisa dipantau lewat aplikasi Lancang Kuning.

(cha/haf)