Komisi V DPR ke Anies: Jalan Tol Nggak Usah Diganggu

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 07:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memohon izin ke Menteri PUPR agar dibukakan satu ruas jalan tol untuk dilalui sepeda.
Ilustrasi Pesepeda (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Komisi V DPR RI menyoroti usulan Pemerintah Provinsi DKI terkait sepeda jenis road bike masuk ke Tol Lingkar Dalam Jakarta setiap hari Minggu. Komisi V menegaskan jalan tol harus difungsikan sesuai aturan yang berlaku.

"Iya saya kira begini kembalikan lagi lah kepada fungsi tol, bebas hambatan, dan tol itu diberikan fasilitas kepada masyarakat untuk bisa menikmati jalan itu lebih baik gitu. Jadi saya kira kalau bersepeda harus masuk tol hari minggu, kurang tepat," kata Wakil Ketua Komisi V, Syarief Alkadri saat dihubungi, Rabu (26/8/2020).

Syarief mengatakan keamanan lalu lintas di jalan tol akan terganggu jika sepeda balap diizinkan melintas. Pimpinan Komisi V dari Fraksi NasDem itu juga mengingatkan, koordinasi antar seluruh instansi terkait juga harus matang jika memang mengizinkan sepeda balap melintas di tol.

"Jalan tol itu nggak usah diganggu lah, supaya betul-betul orang bisa menikmati jalan itu. Sekarang saja kita sudah tidak merasa seperti di jalan tol. Kemudian hari Minggu seharusnya kita bisa lengang. Dengan ada sepeda juga akan membawa ini, dan tentu akan membawa masalah keamanan ini harus dikoordinasikan semua," papar Syarief.

Syarief menegaskan, apapun jenis sepedanya tidak akan aman melintas di tol. Selain itu, sebut dia, ada juga aturan mengenai batas kecepatan minimal kendaraan.

"Kita jangan hanya (liat jenis road bike) itu, tapi liat sisi keselamatannya sepeda. Jalan tol itu kan sudah ada batas minimal dan batas maksimal (kecepatan). Artinya, yang namanya jalan tol harus diubah kalau gitu, bukan lagi jalan tol. Kemudian beberapa sisi nggak tepatlah kalau itu, ya, namanya sepeda, ya, dengan kendaraan besar, truk juga lewat di situ, saya kira ini dari aspek amannya nggak menjamin, ya," sebutnya.

Tonton video 'Hasrat Anies Ingin Sepeda Masuk Tol':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2