PPP ke Amien Rais: Jangan Umbar Dugaan Kejagung Dibakar Tanpa Bukti

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 19:52 WIB
Polisi olah TKP Kebakaran Gedung Kejagung (Foto: Rahel/detikcom)
Kondisi gedung Kejagung usai kebakaran dipadamkan. (Rahel/detikcom)
Jakarta -

PPP mengatakan sepatutnya dugaan politikus senior Amien Rais soal gedung Kejagung sengaja dibakar 'orang dalam' didasari bukti. PPP pun meminta semua pihak bicara prasangka tanpa bukti.

"Sebaiknya semua pihak tidak mengembangkan dugaan atau prasangka terkait kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung. Kalau memang punya bukti bahwa itu kebakaran yang disengaja ya silakan disampaikan kepada Polri dan juga dibuka kepada publik," kata Sekjen PPP, Arsul Sani, kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Arsul mengatakan setiap orang, termasuk Amien Rais, dapat mengembangkan dugaan penyebab kebakaran gedung Kejagung. Namun, dugaan tersebut, menurut Arsul, tak ada manfaatnya.

"Tapi kalau basisnya hanya dugaan-dugaan saja, maka setiap orang bisa mengembangkan dugaannya masing-masing. Tapi itu tidak ada manfaatnya bagi publik, kecuali menambah spekulasi," ujar anggota Komisi III DPR RI itu.

Bila Amien Rais punya dugaan penyebab kebakaran gedung Kejagung oleh pihak 'orang dalam' tanpa bukti, sebaiknya dugaan itu tak diumbar ke masyarakat. Arsul meminta semua pihak menunggu penyelidikan kepolisian.

Arsul SaniSekjen PPP Arsul Sani (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)

"Lebih baik kalau punya dugaan ya enggak perlu diumbar di ruang publik jika tanpa bukti. Selebihnya kita tunggu sambil kritisi bagaimana Polri bekerja menyelidiki penyebab kebakarannya," imbuhnya.

Sebelumnya, politikus senior Amien Rais menduga gedung utama Kejagung sengaja dibakar oleh pihak yang diyakininya sebagai 'orang dalam'. Amien mengungkit kebakaran di gedung Bank Indonesia (BI) yang diduga berkaitan dengan skandal BLBI.

"Saya ingin buat video singkat ini untuk membuat catatan kecil tentang peristiwa akhir-akhir ini yaitu terutama kebakaran gedung Kejaksaan Agung yang begitu dahsyat itu. Yang kemudian mengingatkan kebakaran yang terjadi di gedung BI, bank central Indonesia, bank Indonesia lantai 6 kalau tidak salah, di mana disimpan seluruh berkas-berkas tentang skandal BLBI kemudian hilang. Dan setelah itu ada yang mengatakan demi hukum BLBI sudah selesai kan sudah tidak ada lagi data-data skandal itu," kata Amien mengawali penjelasannya dalam video yang diunggah di akun Instagram @amienraisofficial seperti dilihat detikcom, Rabu (26/8).

(rfs/jbr)