65 Orang Tertipu Modus Rumah Murah, Kepala Koperasi di Makassar Dipolisikan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 17:19 WIB
Wakasat Polrestabes Makassar AKP Sugeng (Hermawan Mappiwali)
Foto: Wakasat Polrestabes Makassar AKP Sugeng (Hermawan Mappiwali)
Makassar -

Seorang kepala koperasi di Makassar, Sulawesi Selatan, berinisial RR dilaporkan ke polisi atas dugaan penipuan senilai Rp 354 juta terhadap 65 user. Polisi kini menyelidiki laporan tersebut.

Salah seorang korban dan juga pelapor, Fitria Zahrah (35) mengaku awalnya ditawari RR untuk membeli rumah murah di dalam Kota Makassar pada 2019 oleh koperasi milik terlapor. Fitria mengaku telah menyetor uang muka Rp 3 juta pada Juni 2019. Selanjutnya menyetor Rp 1 juta selama 6 bulan hingga Desember 2019.

"Yang jadi masalah sampai sekarang tidak ada pembangunan rumah. Dijanji juga mau dikembalikan uangku tapi sampai sekarang tidak ada," katanya.

Belakangan Fitria terus mendesak RR. Dia juga mengaku bertemu dengan sejumlah korban lainnya.

"Ternyata user-user lain juga begitu, sebutan kita kan user ya. Jadi total ada 65 user dan kerugian kita sampai Rp 354 juta. Kita juga sudah bikin grup WhatsApp khusus untuk korban," bebernya.

Pihak kepolisian sendiri mengaku telah melakukan penyelidikan terkait laporan korban. Para korban lainnya juga akan dimintai keterangan awal.

"Laporannya untuk sementara adalah penipuan terkait koperasi. Jadi koperasi menghimpun dana di masyarakat namun dana rumah itu dicek sampai sekarang sudah tidak ada," kata Wakasat Polrestabes Makassar AKP Sugeng, saat dimintai konfirmasi terpisah.

Terkait klaim kerugian dana ratusan juta rupiah, AKP Sugeng mengatakan masih akan mendalami. Polrestabes Makassar langsung mendalami kasus.

"Secepatnya kita lakukan pemanggilan saksi-saksi, 2 hari 3 hari ke depan," imbuhnya.

Simak video 'Pria Cilegon Tipu Puluhan Korban dengan Iming-iming Pekerjaan':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)