Anies Kirim Surat ke PUPR, Minta Izin Penggunaan Jalan Tol untuk Sepeda

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 14:39 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran H, Jakarta Pusat, Minggu (26/7/2020).
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Anies Baswedan mengirimkan surat permohonan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono. Anies meminta izin kepada Basuki untuk memanfaatkan ruas Jalan Tol Lingkar Dalam Kota sebagai lintasan sepeda.

Surat permohonan Anies itu beredar di media sosial. Hal dalam surat yang beredar tersebut berisikan permohonan pemanfaatan Ruas Jalan Tol Lingkar Dalam (Cawang-Tanjung Priok).

"Mohon kiranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat memberikan izin pemanfaatan 1 ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat sebagai lintasan road bike guna mengakomodir pengguna sepeda pada setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00," demikian bunyi salah satu isi surat tersebut.

Surat permohonan ke Menteri PUPR itu pun dibenarkan oleh Kadishub DKI Syafrin Liputo. Syafrin menjelaskan permohonan Anies itu didasarkan meningkatnya animo masyarakat yang menggunakan sepeda.

"Sejalan dengan meningkatnya animo masyarakat menggunakan sepeda sebagai alai transportasi dan juga sebagai alat olahraga dan ini teridentifikasi kemarin terakhir pengguna sepeda di kawasan jalut sepeda sementara di Jalan Sudirman Thamrin Medan Merdeka Barat sangat tinggi," kata Syafrin, di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2020).

Syafrin mengatakan ruas tol yang dimintakan izin lintasan sepeda itu mulai dari kawasan Kebon Nanas hingga Tanjung Priok. Dia menyebut lintasan tersebut akan dibangun di salah satu jalur yang ada.

"Oleh sebab itu, kami dari Pak Gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol, tepatnya mulai di Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok, satu sisi. yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara untuk sepeda road bike. jadi menyiapkan satu jalur sendiri sebagai jalur sepeda sementara untuk road bike," ujarnya.

Kendati demikian, Syafrin menjelaskan, jalur khusus sepeda itu rencananya hanya akan digunakan pada hari Minggu saja. Waktunya pun disesuaikan dengan waktu car free day.

"Hari Minggu saja, pukul 06:00-09.00 WIB. Jadi jalan tol di sisi Barat nya dari Kebon Nanas sampai dengan di Plumpang itu ditutup, kemudian para pesepeda road bike ini yang hanya akan melintas di dalamnya. Jadi tidak sampai keluar ke jalan arteri ataupun bercampur dengan lalu lintas lainnya," kata Syafrin.

Simak video 'Anies Rencanakan Jalur Sepeda di Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/mae)