Pakar: Anies Bisa Bangun Kampung Akuarium Jadi Rusunawa, Bukan Rusunami

ADVERTISEMENT

Pakar: Anies Bisa Bangun Kampung Akuarium Jadi Rusunawa, Bukan Rusunami

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 16:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyalami Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat usai pelantikan anggota DPRD DKI baru.
Foto ilustrasi: Anies dan Ahok (Grandyos Zafna/detikcom)

Kampung Akuarium masuk zona apa?

Kampung Akuarium beralamat di Penjaringan Jakarta Utara. Lokasinya berseberangan dengan Pelabuhan Sunda Kelapa, tak jauh pula dari Museum Bahari.

Dalam Peta Zonasi yang dilampirkan di Perda RDTR, nampak Kecamatan Penjaringan Jakarta memuat berbagai jenis zonasi. Kampung Akuarium terlihat nyempil di pojokan, berbatasan dengan Kecamatan Pademangan Jakarta Utara.

Dalam Peta Zonasi ini, Kampung Akuarium diberi warna jingga. Di atas warna jingga ini, ada arsiran garis-garis diagonal. Kodenya adalah 018.P.3.g.

Warna jingga berarti menunjukkan Kampung Akuarium masuk dalam zona Zona Pemerintahan Daerah, kodenya adalah P.3 yang berarti adalah Sub Zona Pemerintahan Daerah.

Apa itu Zona Pemerintahan Daerah? Jawabannya ada di Pasal 1 angka 89 di Perda RDTR ini. Berikut bunyinya:

Zona pemerintahan daerah adalah zona yang diperuntukkan untuk kegiatan pemerintahan daerah dan/atau administrasi pemerintahan provinsi, kota/kabupaten administrasi, kecamatan, dan kelurahan beserta fasilitasnya dengan luas lahan sesuai fungsinya.

Apa arti dari arsiran garis-garis diagonal? Itu menandakan bahwa Kampung Akuarium masuk dalam wilayah Teknik Pengaturan Zonasi atau TPZ. Huruf 'g' pada kode 018.P.3.g artinya kawasan Kampung Akuarium ini masuk TPZ huruf g yakni 'pelestarian Kawasan Cagar Budaya'. Ini diatur dalam Pasal 620 Perda RDTR.

Kesimpulannya, Kampung Akuarium masuk dalam kategori Zona Pemerintahan Daerah, Sub Zona Pemerintahan daerah, dengan Teknik Pengaturan Zonasi (TPZ) pelestarian Kawasan Cagar Budaya.

Kawasan yang dilingkari adalah Kampung Akuarium. (Dok Lampiran UU RDTR DKI)Kawasan yang dilingkari adalah Kampung Akuarium. (Dok Lampiran UU RDTR DKI)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT