Kasus-kasus Besar yang Sedang Ditangani Kejagung

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 15:52 WIB
Gedung Bundar Kejaksaan Agung
Foto: Gedung Bundar Kejagung (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) saat ini tengah menangani banyak perkara berkaitan dengan pidana umum ataupun pidana khusus seperti kasus tindak pidana korupsi (Tipikor). Kejagung juga menangani kasus-kasus besar yang mendapat sorotan publik, apa saja kasus besar itu?

Dari data yang dihimpun detikcom, Minggu (23/8/2020), ada sekitar 4 kasus yang saat ini masih didalami Kejagung. Salah satunya adalah kasus Jiwasraya dan kasus dugaan korupsi jaksa Pinangki.

Berikut 4 kasus yang sedang ditangani Kejagung di Tahun 2020:

1. Kasus Jiwasraya

Pertama, kasus yang mendapatkan perhatian publik adalah kasus Jiwasraya. Kejagung menetapkan enam tersangka, yaitu Benny Tjokro, Komisaris PT Hanson International Tbk; Heru Hidayat, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram); Hendrisman Rahim, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero); Hary Prasetyo, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero); Syahmirwan, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero); serta terakhir Direktur PT Maxima Integra bernama Joko Hartono Tirto.

Mereka juga telah didakawa oleh jaksa penuntut umum di Pengadilan Tipikor Jakarta. Para petinggi Jiwasraya didakwa memperkaya diri dengan merugikan negara senilai Rp 16 triliun.

Sementara untuk pengusaha Benny Tjokro didakwa memperkaya diri melalui transaksi pembelian dan penjualan saham dengan pejabat Jiwasraya sehingga menimbulkan kerugian negara Rp 16 triliun. Selain itu, Benny juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Hingga saat ini Kejagung masih mengembangkan kasus korupsi Jiwasraya ini. Mereka juga sudah memanngil seujumlah pihak seperti pejabat OJK dan beberapa karyawan Jiwasraya. Kejagung menyelidiki ada keterlibatan orang lain atau tidak dalam kasus ini.

Simk juga video 'Kejagung Masuki Proses Pendinginan, Lalin di Sekitar TKP Masih Ditutup!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3