Peringati HUT RI, Polres Pelabuhan Priok Bagikan Sembako ke Ratusan Buruh

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 22:05 WIB
Peringati HUT RI, Polres Pelabuhan Priok Bagikan Sembako ke Ratusan Buruh
Foto: Polres Pelabuhan Tj priok bagikan sembako ke pekerja pelabuhan (dok.istimewa)
Jakarta -

Polres Pelabuhan Tanjung Priok membagikan ratusan paket sembako kepada kaum buruh dan masyarakat terdampak COVID-19. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Peringatan hari kemerdekaan ini bangsa ini masih kurang berbahagia, karena bangsa ini masih belum keluar dari pandemi Covid-19. Ini memang masalah yang tengah kita hadapi bersama secara global, namun kita tidak berkecil hati untuk membantu masyarakat di lingkup terkecil kita," ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (21/8/2020).

Sebanyak 500 paket sembako dibagikan kepada masyarakat di sekitar pelabuhan. Selain itu, polisi juga membagikan 150 paket sembako kepada para Pekerja/buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (Buruh TKBM) dan Petugas kebersihan Pelabuhan Tanjung Priok.

Ahrie menjelaskan, pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia berdampak pada kehidupan masyarakat. Tidak sedikit aktivitas perdagangan dan perekonomian masyarakat terganggu akibat COVID-19 ini.

"Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II (Q2) 2020 mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen dari kuartal yang sama tahun lalu. Angka di atas kertas itu merefleksikan ekonomi masyarakat sehari-hari di lingkungan kita," jelasnya.

Menurutnya, penurunan aktivitas perekonomian di pelabuhan membuat para pekerja kehilangan lapangan pekerjaannya.

"Kalaupun tidak mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), para pekerja dirumahkan untuk sementara waktu," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ahrie merasa optimism, perubahan status situasi pandemi menuju new normal dengan adaptasi kebiasaan baru (ABK) menjadi momentum bangkitnya kepercayaan diri masyarakat. Untuk itu, pihaknya, selain memberikan perlindungan penganyoman dan pelayanan juga berupaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Tugas baru saya di Polres Pelabuhan Tanjung Priok ini membantu masyarakat untuk percaya diri kembali dalam berkegiatan sosial dan ekonomi sehari-hari, namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Tentu, dengan membaiknya sosial dan ekonomi, diharapkan mampu menekan angka kriminalitas maupun dalam menjaga ketertiban umum," tandas Ahrie.

(mea/mea)