Diatur Pergub Anies, Kapan Motor Kena Ganjil-Genap?

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 19:22 WIB
Sejumlah pengendara motor nekat lawan arah di kawasan Tanjung Barat, Jakarta. Tak sedikit pemotor yang nekat lawan arah demi persingkat waktu tempuh perjalanan.
Ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Pergub Nomor 80 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB transisi menuju new normal. Pergub tersebut sudah memuat aturan mengenai ganjil genap untuk sepeda motor.

Aturan ganjil-genap motor sudah ada. Lalu kapan sepeda motor terkena aturan ganjil-genap?

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan hingga kini pihaknya belum akan menerapkan aturan ganjil-genap bagi sepeda motor.

"Belum tentu (aturan ganjil-genap diberlakukan untuk sepeda motor)," ujar Syafrin saat dihubungi, Jumat (21/8/2020).

Syafrin mengatakan Pemprov DKI saat ini terus melakukan evaluasi terhadap aturan ganjil-genap yang berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih. Menurutnya, apabila memang aturan ganjil-genap akan diberlakukan untuk sepeda motor, akan terlebih dahulu dibahas secara intens.

"Kita akan mengevaluasi pelaksanaan ganjil-genap. Saat ini kita akan terus melaksanakan evaluasi. Jika memang dibutuhkan, tentu memang dilakukan pembahasan intens dan akan dilaporkan ke Pak Gubernur sebagai gugus tugas," ucapnya.

Simak video 'Pro-Kontra Wacana Ganjil-Genap Motor di DKI':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2