Ganti Libur Idul Adha, ASN di Aceh Wajib Masuk Kerja Besok

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 16:23 WIB
Suasana sepinya kota Banda Aceh di hari pertama Ramadhan (Agus Setyadi-detikcom)
Ilustrasi Kota Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh -

Aparatur sipil negara (ASN) di Aceh diwajibkan masuk kerja pada Sabtu besok untuk menggantikan libur Idul Adha 1441 H. Pegawai dan tenaga kontrak yang membolos bakal dikenai sanksi.

"Instruksi masuk kerja besok dan Sabtu depan sesuai dengan surat edaran Gubernur Aceh Nomor 061.2/10313 tahun 2020," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam keterangannya, Jumat (21/8/2020).

Masuk kerja dua kali hari Sabtu digelar untuk menggantikan libur hari raya Idul Adha 1441 Hijriah pada 30 Juli dan 3 Agustus. Aminullah mewajibkan seluruh ASN di jajaran Pemko Banda Aceh bertugas seperti biasa.

"Semua pegawai wajib masuk, termasuk di bidang perizinan dan kependudukan, untuk melayani masyarakat," jelas Aminullah.

Aminullah meminta ASN menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona ketika berkantor. Pegawai diminta menggunakan masker, jaga jarak, tidak berkerumun, serta rajin mencuci tangan.

"Di tengah pandemi COVID-19, ASN Banda Aceh harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Jangan lupa juga terapkan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan tidak merokok agar imun tubuh kita tetap kuat," jelas Aminullah.

Kepala BKPSDM Banda Aceh Arie Maula Kafka mengatakan ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas bakal dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku. Hukumannya mulai penundaan kenaikan gaji hingga penundaan kenaikan pangkat bagi PNS.

"Bagi PNS sanksinya telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Bisa dikenai penundaan kenaikan gaji berkala hingga penundaan kenaikan pangkat. Sementara itu, bagi non-PNS akan dipertimbangkan kelanjutan kontrak perjanjian kerjanya," jelas Arie.

(agse/haf)