Ditambah Gerakan KAMI, Ini Daftar Panjang 'Oposisi' Pemerintah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 14:06 WIB
Sejumlah tokoh nasional deklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Lapangan Tugu Proklamasi. Din Syamsuddin-Gatot Nurmantyo hadir di acara itu.
Deklarasi KAMI (Ari Saputra/detikcom)

PA 212

'Klaster' oposisi lainnya adalah Persaudaraan Alumni (PA) 212. PA 212 selama ini konsisten berlawanan dengan pemerintahan saat ini.

Sama seperti PKS, pada Pilpres 2019 pun PA 212 memilih di barisan oposisi. PA 212 kala itu mendukung calon presiden yang sekarang menjadi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kendati sama-sama menjadi oposisi, PA 212 tak berminat bergabung dengan KAMI maupun yang lainnya. Namun PA 212 menegaskan akan mendukung koalisi besutan Din Syamsuddin dan Gatot Nurmantyo itu.

"Kita dukung dan doakan sajalah. Kan kita sudah ada wadah ANAK NKRI yang tujuannya sama. Kita saling menguatkan, insyaallah," kata Ketua PA 212 Slamet Maarif kepada wartawan, Kamis (20/8/2020). Slamet menjawab pertanyaan apakah PA 212 akan bergabung dengan KAMI.

Amien Rais

Terakhir, 'klaster' oposisi datang dari kubu Amien Rais. Mantan petinggi PAN itu konsisten mengkritik pemerintahan Jokowi sejak dulu.

Amien bahkan menyambut hangat kehadiran KAMI sebagai oposisi baru. Dia juga datang ke deklarasi KAMI untuk memberikan dukungan.

Amien juga disebut siap bergabung dengan KAMI dan tokoh-tokoh di dalamnya. Sebab, KAMI dinilai memiliki gagasan yang sama terkait pemerintahan saat ini.

"Saling dukung dan bahu-membahu. Mungkin pada satu titik akan bergabung karena punya ide yang sama," ujar loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada detikcom, Kamis (20/8/2020).


(mae/dhn)