Warga Ramai Kunjungi Kawasan Kota Tua Meski Ditutup

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 11:07 WIB
Kawasan Kota Tua Ditutup Saat Libur Panjang
Warga tetap ramai kunjungi Kota Tua meski ditutup. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga memanfaatkan libur panjang untuk berkunjung ke kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Meski museum dan Taman Fatahillah ditutup karena situasi pandemi COVID-19, banyak warga tetap mengunjungi Kota Tua.

Pantauan detikcom, Kamis (20/8/2020) pukul 09.20 WIB di kawasan Kota Tua, Jalan Kali Besar Timur, warga tampak berkumpul sambil bersantai. Pengunjung didominasi warga sekitar dan sejumlah pesepeda.

Terlihat beberapa pesepeda duduk istirahat sambil menikmati jajanan. Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) ramai berjualan.

Selain PKL, ada yang menyediakan jasa foto dengan kostum. Beberapa pengunjung tampak antusias berfoto-foto.

Terlihat warga di lokasi tetap menggunakan masker. Kondisi yang cukup ramai membuat mereka sulit menjaga jarak saat sedang berkumpul bersama.

Salah seorang pengunjung, Faruk Fauzi (40), mengaku datang ke kawasan Kota Tua karena tempatnya yang sudah terkenal. Dia bersama rombongannya memang meniatkan bersepeda ke Kota Tua dari Bintaro, Jakarta Selatan.

Kawasan Kota Tua Ditutup Saat Libur PanjangKawasan Kota Tua ditutup saat libur panjang. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

"Kan namanya juga cukup terkenal ya di sekitar Jakarta dan sengaja mampir ke sini. Jadi ini sama teman-teman komunitas sepedaan dari Bintaro ya memang sudah diniatin hari ini ke sini," kata Faruk saat ditemui di Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (20/8/2020).

Pengunjung lain bernama Agoy (24) sebelumnya ingin masuk ke Taman Fatahillah. Namun, karena sedang ditutup, dia bersama istri dan kedua anaknya hanya bisa duduk di Jalan Kali Besar Timur kawasan Kota Tua.

"Rencananya ada mau masuk ke dalam, cuma memang belum boleh kan, jadi istirahat dulu deh ngaso-ngaso di sini," ujar Agoy.

Agoy sejujurnya mengaku kurang nyaman hanya bisa menikmati suasana Jalan Kali Besar Timur kawasan Kota Tua.

"Kurang enak juga sih, biasanya nongkrong di dalam, di sini jadi kayak gimana gitu," ungkap warga Tanah Abang, Jakarta Pusat, itu.

Simak video 'Museum Wayang Dibuka, Pengunjung Harus Patuhi Protokol Kesehatan':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)